UNBK SMK Sirajul Huda Berjalan Tenang dan Lancar

Ujian-UNBK-SMK-lombok-tengah-NTB
Tabayyunews.com - Hari Ini (3/4) sampai 3 hari kedepan, semua siswa SMK di seluruh Indonesia mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) termasuk SMK Islam Sirajul Huda di Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala sekolah SMK Sirajul Huda Suhaili, M. Si saat ditemui di Ruangannya mengatakan, untuk disekolahnya, UNBK terpaksa dbagi menjadi dua sesi karena komputer yang kurang.

Suhaili menjelaskan, sekolahnya jauh-jauh hari sebenarnya telah menyiapkan 30 komputer khusus untuk pelaksanaan UNBK hari ini. Namun, pada saat simulasi terakhir baru lalu, ternyata ada 10 komputer yang tidak bisa bekerja.

"Kami bagi menjadi 2 sesi karena 10 komputer yang lainnya sering trouble pada saat koneksi ke Internet" katanya menjelaskan.

Dari pengamatan Tabayyun, suasana UNBK di SMK Islam Sirajul Huda sangat tenang. Peserta UNBK sudah mulai mengerjakan soal sejak jam 7.30 sampa 10.00 wita dN dilanjutkan dengan sesi ke 2 yang akan dimulai nanti jam 10.30 wita.

Ahmad Jumaili, Pengurus Yayasan Ponpes Sirajul Huda mengatakan, semua jenjang pendidikan di pesantrennya untuk 3 hari kedepan sengaja diliburkan karena pelaksanaan UNBK. Tidak hanya sekolah formal, tetapi juga sekolah non formal seperti Program Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

"Kita tidak mau melihat santri-santri peserta Ujian terpecah konsentrasinya saat menjawab soal, makanya kita liburkan semua, termasuk yang mondok" tegasnya.

Untuk mengganti kegiatan santri-santri yang mondok, paa santri diajak bertani di lahan Agribisnis milik SMK jurusan Agribisnis di belakang pondok mereka.