Miss Indonesia 2017 Ternyata Bukan Asli NTB

Tabayyunews.com - Terpilihnya Achintya Holte Nilsen sebagai Miss Indonesia 2017 pada Sabtu (22/4) tengah malam dan disiarkan langsung oleh stasiun RCTI membuat sosial media di NTB sedikit gaduh.
Pasalnya, wanita cantik yang disebut-sebut mewakili Nusa Tenggara Barat (NTB) itu ternyata bukan berasal dari NTB melainkan dari pulau Bali.

Dikutip dari Wikipedia, Nilsen diketahui, kelahiran Denpasar, Bali pada 1 Januari 1999. Ia keturunan campuran Bali-Norwegia dari pasangan Terje Holte Nilsen dan Ni Nyoman Parvati.

Masih dikutip dari wikipedia, Nilsen yang sejak kecil hidup di Bali ini memulai karirnya di dunia model dan pernah menjadi finalis Gadis Sampul tahun 2013. Prestasi lainnya ia pernah menjadi Delegate of Colombia BaliMUN III tahun 2013, Delegate of Ukraine BaliMUN IV tahun 2014, dan Delegate of Indonesia TAIMUN XIII tahun 2015.

Sejumlah prestasi yang diraih Nilsen ternyata tak satupun yang pernah dititinya di NTB. Hal inilah yang memunculkan tanda tanya publik di NTB, mengapa ia bisa mewakili NTB di ajang Miss Indonesia 2017.

Di akun Facebook salah seorang pejabat Kemenpar Taufan Rahmadi sejak sabtu (22/4) malam terjadi diskusi cukup alot terkait hal ini. Beberapa orang menanggapi positif, kemenangan Nilsen walaupun ia bukan asli NTB membuat bangga. Sementara yang lain menanggapi negatif bahkan ada yang menyebutnya kemenangan Nilsen ini Kemenangan Palsu.

Berikut kutipan singkat pro-kontra kemenangan Nilsen ini:

Akun @afifudin afif yang berkomentar "Baguslah utk Promo wisata NTB"
Akun @Zafariza Virgo : "Sekarang semua melirik NTB, dari gavernornya sampai miss Indonesianya. CongratsπŸ‘πŸ‘πŸ‘" dan juga akun @Mikada ruth takeda : "Siapapun mereka selama membawa nama ntb ke hal2 yg positif kita dukung bersama sama...".

Akun @Taufan Rahmadi menjelaskan lebih panjang, menurutnya tak perlu lagi mempersoalkan leluhur Nilsen, tetapi "Miss Indonesia ini Kita arahkan dan kita dampingi dia menjadi " Wanita NTB " ... mulai dari kostum yg mencerminkan dan menyesuaikan budaya NTB, berikan asupan pengetahuan pariwisata".

Pernyataan Taufan itu ditanggapi sengit oleh akun @satria zulfikar R, menurutnya jika Nilsen demikian prosesnya, mengapa bukan putri NTB Asli yang dibekali seperti itu.

"Lantas pertanyaannya, kenapa tidak Miss Indonesia ASLI NTB yang Kita arahkan dan kita dampingi dia menjadi " Wanita NTB " ... mulai dari kostum yg mencerminkan dan menyesuaikan budaya NTB, berikan asupan pengetahuan pariwisata dll" tulis Satri Zulfikar dalam kutipan lengkap.

Tak hanya Zulfikar, akun @Iful Kosasi mengatakan kemenangan ini sama saja dengan kemenangan palsu dan tidak patut dibanggakan.
"Benar bro..ini kemenangan yg penuh kepalsuan.tdk ada yg patut di banggakan" tulisnya.

Akun @Aris Cawing : "Ttp kurang bagus.....ntb jangan bangga dgn produk import... Ntb akan bangga jd diri sendiri..."
@medina Efendi : "ternyata bukan hanya pemain bola yg disewa dari luar kota/luar negeri. 😁😁😁😁"
@krisma ag Korleko: "Te odop dgn NTB isiq Harry Tanoe"

Pemilihan Miss Indonesia 2017 diikuti oleh 34 finalis dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka hanya menjalani karantina selama 13 hari sejak Senin, 10 April. Miss Indonesia 2017 Achintya Holte Nilsen nantinya akan mewakili Indonesia di ajang Miss World 2017 di China, pada Desember 2017. []