Montong Gamang Diberi Penghargaan Sebagai Desa Inovatif oleh KIP

Desa-inovatif-montong-gamang
Aktif memberikan informasi kepada publik melalui website dan media sosial membuat Desa Montong Gamang Kecamatan Kopang mendapat penghargaan sebagai desa Inovatif dalam Pelayanan Informasi Publik 2016 dari Komisi Informasi Pusat.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Komisi Informasi Pusat Jon Fresly saat menghadiri  acara Pencanangan Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) 2016 Kamis (6/10) di Mataram.

Penyerahan penghargaan tersebut dilangsungkan di Ballroom Hotel Lombok Raya, Mataram. Gubernur NTB, Dr.TGH. M. Zainul Majdi dalam sambutannya berpesan kepada seluruh kepala desa di NTB agar terus membangun komitmen dalam pembangunan daerah. Khusus dalam transparansi, hendaknya desa lebih terbuka dalam menyampaikan informasi pembangunan desa kepada masyarakat.

“Saya tanya ketua Komisi Informasi NTB, apa yang membuat desa ini mendapatkan penghargaan. Ternyata sangat sederhana dan sangat murah, cukup hanya memberikan informasi lewat website dan papan pengumuman” kata TGB.

H. Amin kepala Desa Montong Gamang mengaku sangat bahagia Desanya mendapatkan penghargaan ini.

"Kami senang sekali, penghargaan ini menjadi tantangan kami selanjutnya untuk mempertahankannya" ujar Amin.

Menurut H. Amin, sebenarnya Desa Montong Gamang melakukan hal sederhana, dalam mememberikan akses informasi kepada masyarakat ia menggunakan website, facebook, twitter, dan media-media konvensional seperti koran dan radio.

"Setiap informasi kegiatan kita publish, dan ada yang kami tugaskan disitu. Termasuk hal hal terkait dana desa" tambahnya

H. Amin berharap, apa yang dilakukannya ini bisa diikuti oleh desa-desa lainnya di NTB. Baginya, keterbukaan adalah salah satu cara agar masyarakat merasa memiliki terhadap desanya dan dengan begitu mereka bisa terlibat sebagai pengontrol dan pemberi saran dan masukan yang konstruktif bagi desa. [Kartale - Berugak Dese]