HTN2016: SMK Agribisnis Sirajul Huda Lombok Tengah Akan Pamerkan Produk Pertanian

Smk-pertanian-agribisnis-lombok
Jelang akan segera diselenggarakan Hari Tani Nasional (HTN) 2016 di Kabupaten Lombok Tengah, siswa siswi Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak sejak sepekan lalu telah menyiapkan diri untuk ikut berparisipasi dalam acara tersebut.

Nurudin, ketua jurusan Agribisnis SMK Islam Sirajul Huda mengatakan, dalam HTN 2016 nanti, sekolahnya akan memamerkan produk pertanian mereka. Tidak hanya hasil pertanian, mereka juga akan menampilkan pangan khas lombok terbaru berbahan dasar beras merah dan beras hitam.

"Kita siapkan beragam kue oleh-oleh yang dihasilkan dari beras merah dan beras hitam" ungkapnya saat ditemui di sekolahnya senin (19/9) kemarin.

Salah satu panganan yang akan dipamerkan adalah Ganyulir Bakar. Olahan beras meras dengan campuran santan, gula merah dan parutan kelapa dengan cara dibakar.

"Selain Ganyulir Bakar ada banyak panganan lain yang tidak akan ditemukan ditempat lain" tandas Nurudin

Beras merah seperti juga beras putih di indonesia dijadikan makanan pokok karena sangat kaya dengan karbohidrat, serat dan zat besi. Dari segi kualitas, kandungan gizi pada beras merah jauh lebih baik dari pada beras putih. Khasiatpun sangat jauh dibandingkan dengan beras putih. Kandungan Karbohidratnya berfungsi sebagai sumber energi tubuh, serat bisa mengenyangkan dan memperlancar pencernaan serta zat besi berfungsi sangat baik untuk metabolisme, sel darah merah dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi.

Dijelaskan Nurudin, dalam satu mangkuk beras merah mengandung ada sekitar 3,5 gram serat, sementara beras putih kurang dari 1 gram.

"Serat ini selain mengenyangkan juga dapat melancarkan pencernaan" Jelas Nurudin.

Selain pameran, para siswa juga akan mengikuti Lomba Fotografi Tingkat Kabupaten dalam even Hari Tani Nasional 2016 ini. 

Junaidi Abdullah, ST salah seorang guru pembimbing fotografi SMK Islam Sirajul Huda mengatakan, sudah mempersiapkan 8 orang yang akan mengikuti lomba. Mereka sudah diberikan latihan dengan membawa pulang kamera masing-masing 1 buah untuk melatih kepekaannya mendapatkan moment, angle dan mengakrabi penggunaan kamera masing-masing. 

"Insya allah, kemenangan baru lalu akan kita susul dengan kemenangan anak-anak tanggal 23 nanti" ujarnya pada Tabayyunews.com