Sirajul Huda Berhasil Menarik Minat Anak Cinta Pertanian

Smk-agribisnis-tanaman-pangan
Sore itu, tanggal 18 Agustus 2016, sekitar 20-an anak berseragam merah putih terlihat asyik beraktifitas di tengah sawah. Tampak semua anak sibuk dengan aktifitasnya masing-masing.

“Mereka ini merayakan kemerdekaan dengan bertani pak” kata pria paruh baya bernama Pak Nurudin, seorang guru yang bertugas membimbing mereka.

Hari itu, diluar sekolah mereka, memang masih aroma Agustusan. Pawai dan berbagai macam lomba diadakan, tapi anak-anak SMK Islam Sirajul Huda ini malah memilih bertani disawah.

“Kami Memprogramkan kegiatan ekstrakurikuler Agribisnis ini setiap sore, tujuannya agar mereka mencintai pertanian, kegiatan tidak hanya diikuti siswa Agribisnis tapi juga siswa Multimedia” Jelas Nurudin.

Jurusan-agribisnis-tanaman
SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak memang membuka dua Jurusan Keahlian, pertama jurusan Multimedia yang mulai dibuka sejak tahun 2013 dan kedua Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura yang baru dibuka 2 tahun belakangan ini.

Lanjut Nuruddin, walaupun kegiatan ekstra agribisnis ini baru berjalan satu tahun tapi target kegiatan sudah menunjukkan hasil.

“Strateginya, kami kelompokkan mereka, digabung dari Agribisnis dan Multimedia, kemudian mereka diberikan lahan masing-masing kelompok untuk memelihara jenis tanaman tertentu, lalu di lombakan” jelas Nurudin panjang.

Ditambahkannya, bagi kelompok yang menghasilkan panen terbaik, oleh sekolah diberikan hadiah dan masing-masing diberikan hak untuk menjual hasil pertanian mereka yang kemudian digunakan untuk membeli bibit dan pupuk.

Smk-agribisnis-lombok
Salah seorang siswa kelas X Agribisnis bernama Sevana Mahlinda mengaku sangat senang dengan aktifitasnya ini.

Ditemui ditengah sayuran yang tengah disiraminya. Mahlinda menjelaskan, saat ini ia dan anggota kelompoknya sedang belajar menyemai lagi setelah baru lalu tanaman lama usai dipanen.

“Kemarin kita panen Sawi Jumbo dan Pak Choy, sekarang kita sedang semai Kembang Kol” Jelas cewek yang oleh teman-temannya akrab disapa Linda.

Senada dengan Linda, Doni Hardinata salah seorang siswa lain yang mengaku mengambil jurusan Multimedia mengatakan, ia dan teman temannya sangat menikmati kegiatan agribisnis ini. Tak hanya bertanam di Sekolah, bahkan dirumahnya Doni ternyata juga mulai belajar bertanam menggunakan Pot.

“Berkat ilmu yang saya dapatkan disini, dirumah sekarang saya mulai bertanam cabe dan tomat, tapi pake pot saja” ungkapnya.

Doni mengaku sudah minta sama orang tuanya disediakan lahan khusus di sawahnya sekitar 1 are untuk mengembangkan ilmunya.

“Nanti saya akan praktikkan cara-cara yang saya sudah dapatkan disini” pungkasnya. [AJ-tabayyunews.com