SMK Masih Lebih Diminati Daripada SMA

Peluang Kerja yang lebih prospektif bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi alasan utama siswa-siswi kelas 3 SMP dan MTs tahun ini banyak yang memilih bersekolah di SMK.

Hal tersebut diungkapkan Alimudin, ST ketua Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak di sela-sela kegiatan sosialiasi pemilihan Jurusan ke SMPN 4 Janapria Jum'at (29/4) Kemarin.

Selain karena peluang kerja yang lebih prospektif, siswa siswi juga beralasan lulusan SMK lebih fleksibel antara melamar kerja atau melanjutkan kuliah.

"Kalo ijazah SMA sulit dipakai melamar kerja, sementara SMK karena berbasis keahlian justru mereka yang dicari pekerjaan" ungkap Alimuddin.

Alimudin menjelaskan, alasan alasan siswa tersebut diketahui setelah ia dan TIM melakukan Post Test Pooling ke sejumlah sekolah SMP dan MTs Se Kecamatan Kopang dan Janapria dengan total responden 150 orang siswa dengan item test "Setelah lulus SMP/MTs, anda akan memilih SMA atau SMK, jelaskan alasan anda!"

Namun demikian, tidak semua siswa yang beralasan dua hal diatas. Ada pula siswa yang beralasan akan sekolah dimana tempat temannya sekolah. Artinya banyak siswa yang masih belum punya persfektif sendiri dan masih ikut temannya.

Alasan lainnya, beberapa siswa mengaku belum menentukan pilihan dan belum diskusi dengan orang tuanya. Namun pilihannya tetap SMK lebih diminati Daripada SMA

"Saya kira, sosialisasi SMK yang kita lakukan selama ini cukup berhasil. Dan insya allah ini bagian dari upaya kita membantu mereka memiliki kemampuan setelah lulus sekolah menengah" Pungkas Alimuddin.