Tabayyun Mendukung Pengembangan UKM di Janapria

pengelola-plik-dan-ukm
Kampung Media At Tabayyun sebagai salah satu lembaga yang pengelola Pusat Layanan Internet Kecamatan menyatakan siap membantu Usaha Kecil dan Menengah di Kecamatan Janapria dan Kopang khususnya bagi mereka yang ingin mempromosikan usaha melalui internet. Hal ini disampaikan Kepala Kampung Media At Tabayyun Ahmad Jumaili, S. PdI di sela-sela aktifitasnya membimbing pengusaha bebek lombok di Desa Selek Kecamatan Janapria (20/5) Kemarin

Ahmad Jumaili menambahkan, internet saat ini menjadi salah satu media paling mudah untuk mensosialisasikan kreatifitas di desa terutama dalam hal mengenalkan potensi usaha di daerah ke dunia luar.

Ia menceritakan pengalamannya membantu UKM Azna Jaya yang memproduksi telur asin bakar khas Lombok dan UKM El Huda yang mempromosikan terasi khas lombok. Dua UKM tersebut sejak setahun yang lalu sudah mulai dikenal masyarakat melalui blog sederhana yang di buat berkat bimbingan Tabayyun.

"Dulu siapa yang kenal telur asin lombok, sekarang berkat adanya blog tersebut, telur asin lombok dan terasi lomok tiap hari dipesanan orang luar seperti Jakarta, Bandung dan kota-kota lainnya di Indonesia" Jelas Jumaili.

Abdul Rahim, Pemilik telur asin lombok juga mengakui hal teresebut. Ia mengatakan, tak menyangka teur asinnya dikenal oleh orang-orang di luar daerah.

"Blog ini sangat berhasil, saya sampai kuwalahan melayani pesanan dari luar" Aku Rahim

Tidak hanya meningkatkan penjualan, blog telurasinlombok.com bahkan telah melejitkan Pak Rahim seagai pengusaha telur asin yang saat ini mulai di lirik wisatawan kuliner dan pemerintah.

"eberapa waktu lalu kami terkejut karena dikunjungi kedatangan koki internasional Will Mayrick, mereka tahu kami dari Blog" Tandas Abdur Rahim yang pernah di Muat Will Mayrick di Majalah terkemuka Garuda Indonesia.

Selain mendapat kunjungan wisatawan seperti ini, Abdur Rahim juga saat ini mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Tahun lalu ia di berikan alat mengolah Daging dan Telur bebek serta 10 ribu bibit bebek hibrida oleh pemerintah.

"Selain diberi bantuan, kami juga diajak pameran ke Surabaya, Jakarta bahkan ke Sulawesi" Ungkapnya.

Semua yang dicapainya, diakui Rahim adalah salah satunya berkat Kampung Media khususnya kampung media At Tabayyun yang memfasilitasinya belajar internet dan belajar menulis hingga membuat Blog.

"Benar-benar, tabayyun telah membantu kami" Tambahnya.