Operator Sekolah diminta Segera Update Versi Dapodikmen Sekolah Ke versi 8.1.4

update-versi-dapodikmen
Tim Pengembang Dapodikmen Pusat di Jakarta kembali meminta seluruh operator sekolah Pendidikan Mendengah seperti SMA dan SMK untuk segera mengupdate versi software dapodik sekolah mereka dari Versi 8.1.3 ke Versi 8.1.4.

Arie Wibowo Khurniawan, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Ditjen Pendidikan Menengah
dalam rilisnya Minggu (23/05) kemarin mengatakan, pemutakhiran Aplikasi Dapodikmen ke versi 8.14 ini adalah langkah strategis peningkatan kualitas layanan pendataan khususnya pendataan Sekolah Menengah pada tahun 2015 berdasarkan usulan operator sekolah dan kementerian.

Seperti sat merilis versi 8.1.3, kali ini Tim juga merilis aplikasi 2 aplikasi sekaligus yakni Installer Aplikasi Dapodikmen versi 8.14 dan Updater Aplikasi Dapodikmen versi 8.14. Installer Dapodikmen Versi 8.14 digunakan pada komputer/laptop operator yang belum terdapat sama sekali aplikasi Dapodikmen ( fresh install atau baru), sementara Updater 8.14 digunakan pada computer/laptop operator sudah terinstalasi aplikasi dapodikmen versi 8.13.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh operator Dapodikmen terkait teknis update Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.4 ini antara lain, melakukan download prefill melakukan regstrasi dan melakukan singkronisasi. 

operator-sekolah-dapodikmen
Untuk kondisi sekolah melakukan instalasi baru, proses instalasinya sebagai berikut :
  1. Download Installer Aplikasi Dapodikmen versi 8.14
  2. Generate dan download prefill baru menggunakan Kode Registrasi di alamat : http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill
  3. Masukkan file prefill yang telah di download ke dalam folder C://prefill_dapodik
  4. Lakukan registrasi pada aplikasi Dapodikmen versi 8.1.4 dengan menggunakan user account yang sama dengan yang telah diregistrasi pada aplikasi Dapodikmen versi 8.1.3, untuk proses registrasi yang lebih cepat anda dapat menonaktifkan koneksi internet terlebih dahulu.
  5. Setelah registrasi dan login, lakukan validasi di lanjutkan sinkronisasi ONLINE. Hal ini bertujuan meng-update referensi-referensi baru.

Untuk Kondisi sekolah yang masih menggunakan Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.3, proses instalasinya sebagai berikut :
  1. Download updater 8.14
  2. Lakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodikmen. Pastikan berhasil sinkronisasi dengan melihat data yang sukses dan gagal disinkronisasi.
  3. Lakukan instalasi Updater 8.14.
  4. Akses aplikasi dan lakukan refresh dengan menekan tombol ctrl F5
Dilihat dari tampilanya, Dapodikme versi 8.1.4 tak banyak berbeda dengan versi 8.1.4 begitupun fungsi-fungsi yang ada didalamnya. Hanya aja ada eberapa perubahan konten yang cukup penting seperti ada Menu Pedoman Bantuan Tabel, Tabel RSS Berita Terbaru Dapodikmen, dapat mengunduh Formulir PTK dan peserta didik secara indivdual dan ada penambahan kolom NIS dan keterangan wali kelas Absensi PD.

Fitur baru yang disediakan dalam Aplikasi Dapodikmen versi 8.14 adalah tombol cek pembaharuan, dengan adanya tombol ini maka update dapodikmen bisa dilakukan langsung secara online tanpa diperlukan updater lagi, sehingga perubahan dan perbaikan bisa dilakukan dengan cepat. Selain itu pada versi 8.14 ini juga sudah support terhadap Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) yang semakin menambah informasi data pendidikan menengah di Indonesia.

Tautan unduh aplikasi Dapodikmen 8.1.4:http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/download