Gunung Rinjani Masih Menjadi Idola Wisatawan

Segara Anak Rinjani Mountain
Gunung Rinjani saat ini menjadi salah satu destinasi trekking terpopuler sejagat. Apalagi setelah diketahui letusan gunung rinjani (dulu : Samalas) ternyata pernah menghentak dunia jauh lebih dahsyat daripada Gunung tambora dan Kratakatu.

Gunung Rinjani (Samalas Lama) Saat ini menjadi pavorit para wisatawan, sebuah kawah luas yang kemudian menjadi sebuah danau bernama segara anak, menjadikan Gunung Rinjani sebagai satu-satunya Gunung di dunia yang memiliki keindahan tak terkalahkan.

Saat ini Gunung Rinjani banyak di kunjungi turis lokal dan mancanegara. Salah seorang Guide Rinjani, bernama Husni mengatakan, saat ini ia bisa menerima tamu sampai puluhan sehari. Berbeda sekali ketika tahun 1999 ketika ia mulai merintis usaha trekking rinjani. Saat itu tamu masih bisa dihitung jari.

"Sekarang saya sampai kualahan" ujarnya.

Husni dan kawan-kawannya di kawasan Rinjani membangun sebuah group pariwisata rinjani yang resmi memiliki ijin pendakian, ijin usaha dan hah paten sebagai pengelola pariwisata di kawasan gunung ini. Berbagai layanan untuk turis disiapkan, mulai dari mobil, makan hingga penginapan.