Bingung Cari Konsumen, Peternak Bebek Datangi Tabayyun

bebek-lombok
Kelompok Ternak Bebek Hibrida di Kecamatan Janapria pada Selasa (19/5) baru lalu berkunjung ke Kampung Media At Tabayyun. Kedatangan mereka selain untuk silaturrahim, juga mereka meminta diajari membuat email dan blog guna mempromosikan bebek mereka secara online.

Mereka menganggap, kampung media At Tabayyun selama ini cukup berhasil mempromosikan beberapa UKM lokal seperti Telur Asin Azna Jaya, Madu Sumbawa dan Terasi Lombok di Internet. Hal itulah yang mereka inginkan, bebek pedaging lombok yang mereka usahakan, juga bisa di promosikan melalui internet.

Amir Syarifuddin, salah seorang peternak yang mendatangi Tabayyun mengatakan. Kerja Kampung Media At Tabayyun dalam mengangkat nama UKM Azna Jaya sebagai produsen telur asin di Lombok sangat berhasil. Hal ini terbukti, Azna Jaya mampu menembus konsumen luar daerah, tak sekedar itu, Azna Jaya juga cepat mendapat perhatian pemerintah seperti diberikan bantuan bibit dan peralatan.

"Kita ingin seperti itu, karenanya kita sangat butuh bantuan Tabayyun" Jelas Amir.

Rekan Amir, Taufik Zulkarnain menambahkan, selama ini, penjualan bebek pedaging hanya bisa dilakukan sampai pengepul liar dengan harga yang masih terlalu murah. Nah dengan dipromosikan secara online, mereka berharap bisa bertemu dengan pembeli langsung sehingga bebeknya bisa dihargai dengan lebih tinggi.

"Kalo ke pengepul 1 ekor bebek dengan berat 1,5kg hanya dibeli 35 ribu per ekor kalo sama pembeli langsung bisa kami jual dengan harga diatas itu" Jelas Zul

Harapan yang sama diungkapkan rekan mereka Zulfadli, ia menambahkan, promosi online diharapkan akan bisa membuka akses mereka ke pemerintah khususnya dalam bimbingan ternak mereka seperti halnya dialami oleh UKM Azna Jaya.

"Selama ini, kami hanya belajar otodidak, Mudahan nantinya setelah kami berpromosi melalui bog kami di lebih diperhatikan" Pungkasnya.