SMK Islam Sirajul Huda Buka 3 Jurusan Baru

smk-lombok-tengah
Sekolah Menengah (SMK) Islam Sirajul Huda Paok Dandak membuka 3 jurusan baru Tahun Pelajaran 2015/2016 ini, tiga Jurusan yang dibuka yakni, Agribisnis dan Agrotekhnlogi, jurusan kesehatan farmasi dan otomotif.  Hal tersebut disampaikan Suhaili, S. PdI, M. Si kepala sekolah SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak hari sabtu (18/4) kemarin di Sekolahnya.

Suhaili mengungkapkan, pembukaan 3 jurusan ini adalah langkah progresif dan antisipatif sekolahnya dalam menjawab tantangan-tantangan kedepan khususnya terkait dengan masterplan pengembangan wilayah Lombok Tengah yang telah ditetapkan sebagai kawasan Agrowisata dan Kesehatan di Nusa Tenggara Barat.

“Pembukaan 3 jurusan ini adalah visi kami dalam ikut andil mensukseskan kecamatan Janapria dan Kopang  sebagai wilayah Agrowisata dan Kesehatan seperti yang di rencanakan pemerintah” Tambah Suhaili.

Dengan dibukan 3 jurusan tersebut, saat ini SMK Islam Sirajul Huda telah memiliki 4 jurusan yakni Multimedia, Agribisnis dan Agrotekhnologi, Kesehatan Farmasi dan Jurusan Otomotif. Keempat jurusan tersebut akan dikelola dengan system pembelajaran berbasis pesantren yakni mensinergikan pembelajaran skill dan pendidikan moral-profetik sehingga para siswa tidak hanya dibekali ilmu-ilmu umum tetapi juga ilmu agama secara masif.  

Apa saja yang akan dipelajari siswa di 3 jurusan yang baru dibuka?

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ahmad Jumaili, S. PdI menjelaskan, secara subtantif, jurusan agribisnis dan agrotekhnologi nantinya akan membekali siswa tentang seluk beluk pertanian dan pengolahan hasil tani. Dijurusan baru tersebut mereka akan belajar bagaimana merencanakan dan mengelola usaha tani, bagaimana system pembibitan organic, pembibitan tumbuhan unggul dan belajar menggunakan alat-alat mekanisasi pertanian.  

Sementara di jurusan kesehatan farmasi, siswa akan didik sebagai tenaga farmasi tingkat menengah, baik dibidang produksi, distribusi, pelayanan farmasi serta kegiatan administrasi farmasi, sehingga nantinya setelah lulus, diharapkan jurusan ini akan memproduksi tenaga kerja siap pakai yang bekerja di toko obat dan apotik.

Menanggapi dibukanya 3 jurusan baru di SMK Islam sirajul huda ini, Kepala Desa Durian HL. Wrama Majas menyambut antusias. Bahkan ia berharap dengan diukannya 3 jurusan ini, SMK Islam Sirajul Huda akan menjadi Sekolah SMK Swasta terdepan di Lombok Tengah.


“Saya sangat mendukung, karena desa durian ini kedepan akan kita desain sebagai desa pendidikan yang semua jenjang pendidikan ada semua” Tandasnya. []