Siswa SMK Islam Sirajul Huda Prakerin di 4 Industri Ternama NTB

siswa-smk-multimedia
Tak seperti biasanya, siswa siswi di SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak hari Minggu (5/4) kemarin terlihat ramai berkumpul di sekolah. beberapa diantara mereka terlihat membawa peralatan kemah seperti seperti tikar, tas koper dan juga kompor ke sekolah meteka.  Wajah-Wajah mereka terlihat sangat sumringah. Hari itu, mereka akan diberangkatkan ke Tempat Praktik Kerja (Prakerin) oleh sekolah swasta ini.

Kepala Sekolah SMK Islam Sirajul Huda, Suhaili, S. Pd, M. Si saat ditemui di sela-sela persiapan keberangkatan siswanya menjelaskan, prakerin ini adalah prakerin ketiga kalinya sejak SMK Islam ini didirikan pada 2012 silam.

“Tiga tahun lalu kita berangkatkan 22 siswa, tahun kemarin 23 dan sekarang 36 orang, tapi ada beberapa yang juga tak ikut sebab beberapa alasan” Jelas Suhaili.

prakerin-smk-lombok
Ia menambahkan, Prakerin ini adalah program wajib yang harus dilalui semua siswa, khususnya yang kelas XI sebagai prasayarat dapat mengikuti Uji Kompetensi di kelas XII nanti.

Selain itu, prakerin juga bertujuan memberikan pengalaman kerja sekaligus sebagai tempat mempraktikan ilmu yang telah mereka dapatkan di sekolah selama 1 tahun terakhir.

“Kami tidak mau siswa-siswi kami setelah lulus tidak punya pengalaman dan kemamuannya tidak teruji, sehingag magang atau prakerin ini kami wajibkan” Tambahnya.

Sementara itu, Alimudin, ST wakil kepala sekolah bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) yang bertanggungjawab langsung teradap Prakerin ini mengatakan, siswa-siswi yang akan praknerin kali ini adalah siswa-siswi yang masuk di Jurusan Multimedia. Mereka akan dipekerjakan di 4 lembaga bonafit di Lombok Tengah dan Kota Mataram yakni di Lombok Post, Radio Repulik Indonesia (RRI) Mataram, Wahana Education Centre dan Sentra Media di Mataram.

“Empat perusahaan itu sangat erat kaitannya dengan jurusan mereka, multimedia. Kami berharap mereka bisa belajar penuh dan berpraktik secara maksimal” Jelas Alimuddin.

prakerin-smk-multimedia
Alimuddin juga menjelaskan, siswa-siswi SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak yang diberangkatkan hari ini akan mulai bekerja sejak senin 6 April 2015 hingga tiga bulan kedepan. Dan nantinya setelah usai tugas prakerin, mereka akan mendapatkan sertifikasi prakerin dari lembaga dimana tempat mereka bekerja. Dan sertifikat itulah nantinya yang akan jadi prasyarat mereka mengikuti ujian nasional maupun ujian kompetensi menjelang kelulusannya di kelas XII. [Jhellie]