Palang Merah Remaja Wira SMK Islam Sirajul Huda Adakan Diklatsar I

tujuan palang merah remaja
Palang Merah Remaja Wira Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Sirajul Huda hari Minggu (1/3) Kemarin menyelenggarakan pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) I yang diadakan di sekolah mereka di pondok Pesantren Sirajul Huda Paok Dandak Desa Durian Kecamatan Janapria Lombok Tengah.

Kegiatan Diklatsar ini di ikuti oleh 70 siswa-siswi SMK Sirajul Huda Paok dandak jurusan Multimedia dan 20 siswa MTs dibawah binaan Yayasan Pondok Pesantren Sirajul Huda Paok Dandak.

Pembina PMR Wira SMK Sirajul Huda Paok Dandak Harirul Jadid menjelaskan, sejak berdiri pada November 2013, Organisasi ini sempat vacum selama hampir setahun dan mulai di gerakkan kembali pada Januari awal tahun ini.

materi palang merah remaja
"Sudah setahun lalu kami dirikan, hanya saja, karena tidak adanya pelatih yang konsisten, maka baru kali ini digerakkan kembali" Tukas pemuda yang akrab disapa Jadid ini.

Dijelaskan Jadid, walaupun vacum, namun ada beberapa kegiatan yang sempat diikuti PMR ini selama tahun 2014 salah satunya, Diklat gabungan dengan PMR se Lombok Barat di Gunung Jae Narmada pada Februari 2014.

H. Abdullah, S.Pd, pimpinan Pondok Pesantren Sirajul Huda Paok Dandak, dalam sambutannya saat pembukaan Diklatsar mengatakan, ia menyambut  baik upaya para dewan guru dan civitas pesantrennya yang memiliki inisiatif memulai kembali PMR yang sempat vacum cukup lama ini. Baginya, gerakan kepalangmerahan ini sangat penting dipupuk sejak sekolah karena memiliki tujuan yang sangat mulia yakni menumbuhkan kepekaan sosial antar sesama.

kegiatan palang merah remaja
"PMR yang saya tahu, sangat peduli kesehatan, kemanusiaan dan sikap yang sangat humanis bagi sesama manusia. Saling tolong menolong adalah kewajiban semua manusia dan PMR adalah organisasi yang berdiri di paling depan" Jelasnya memberikan semangat.

Untuk melancarkan kegiatan pelatihan dan latihan dasar PMR Wira Sirajul Huda ini, para pembina melibatkan PMR Wira dari sekolah lain salah satunya SMAN 1 Janapria.

"Kami libatkan juga SMAN Janapria sebagai panitia, agar mereka bisa saling mengenal dan saling belajar" Jelas Jadid di lokasi kegiatan.

Dalam Diklatsar ini, para peserta di berikan semua materi  dasar kepalangmerahan seperti materi P3K, Bongkar Pasang Tenda, Bongkar Pasang Tandu, Pemadaman Kebakaran dan Dapur Umum Lapangan.

sejarah palang merah remaja
Kepala sekolah SMK Islam Sirajul Huda Suhaili, S. Pd M, Si mendukung penuh dan memberikan apresiasi yang sangat besar pada terlaksananya kegiatan ini. Ia menandaskan, kegiatan-kegiatan organisasi seperti ini akan terus ia support dan menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang akan di danai pihak sekolah

"Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat penting, karena ilmunya tidak bisa didapatkan di bangku sekolah, tetapi hanya di organisasi. Anda akan belajar bagaimana menghargai orang lain, menolong sesama, dan peduli pada pederitaan orang lain" jelas Suhaili ketika diminta memberikan arahan di acara penutuan acara tersebut.

palang merah remaja wira
Lebih lanjut ia berjanji akan terus mensupport organisasi PMR wira ini agar eksis kedepannya.

"saya akan memberikan perhatian khusus, terutama dalam hal perlengkapan-perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan dan lain sebagainya yang dibutuhkan Palang Merah Remaja Wira (PMR Wira), jadi silakan anda berorganisasi, tugas kami adalah memfasilitiasi adik-adik semua" Pungkas Suhaili diiringi tepuk tangan peserta dan panitia.