Inovasi Kampung Media Kalahkan KPK

Kerja keras adalah salah satu syarat utama kesuksesan. Kerja keras yang dibarengi dengan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan sebuah program, akan membuahkan hasil yang memuaskan. Kerja keras itu pula yang mengantarkan Program Unggulan NTB yaitu Kampung Media mendpatkan penghargaan dari berbagai pihak. Salah satu catatn penting dari perjalanan kampung media saat ini adalah dipeolehnya pengahrgaan pemerintah pusat, setelah program yang dimulai dari sebuah kampung kecil ini ikut bertarung dalam top inovasi Nasional.

Tidak main-main, inovasi yang dilakukan Kampung Media dalam mendorong terciptanya iklim birokrasi yang sehat bertarung melawan berbagai inovasi dari lembaga lainnya di indonesia. Salah satu lembaga yang ikut unjuk inovasi adalah Komisi Pemberantasan Korupsi dengan inovasi berjudul "KPK Whistleblower's System"

Menurut Kepala Kampung Media, inovasi KPK itu masuk hingga top 33 nasional dan tidak lolos dalam 9 top inovasi. Kampung Media dinilai oleh tim ahli sebagai gerakan jurnalisme warga yang mampu mendorong terciptanya iklim birokrasi yang sehat melalui kontrol pengaduan di Portal Kampung Media.

Fairuz alias Abu Macel sebagai Kepala Kampung Media, dibuat kewalahan saat anggota tim juri yang membrondongnya dengan sejumlah pertanyaan, namun dengan kecerdikan Abu Macel semua pertanyaan dapat dijawab dengan baik.

“Hari itu, saya tidak membayangkan, kampung media diuji bersamaan harinya dengan Surabaya Single Window yang digagas Walikota Surabaya. Saya merasa bangga sekali, itu artinya inovasi anak kampung setara dengan inovasi Ibu Risma sang Walikota Surabaya yang terkenal itu." Katanya.

Menurut informasi yang saya terima lewat saluran Handphone, saat penutupan Musrenbangnas, Gubernur kita TGB Zainul Majdi berkenan menerima anugerah Top Inovasi di Jakarta. Menurut Fairuz abu Macel, Program Kampung media juga dipamerkan dalam kegiatan Musrenbangnas.

Yang menarik, slide kampung media yang ada karikaturnya ditampilkan saat pengumuman pemenang 9 top inovasi yang dihadiri Wapres. "Padahal itu adalah gambar yang di Powerpoint saat presentasi tempo hari," Kata Abu Macel senyum.

Banyak orang kemudian mengapresiasi Inovasi Kampung Media. Bahkan ada yang langsung mengungkapkan keinginannya untuk berkunjung ke NTB dalam rangka melihat bagaimana kampung media melakukan inovasi. Selamat (Wan)

SUMBER : http://kampung-media.com/