KM Tabayyun Mendapat Kunjungan Kemenpan dan JPIP

Komunitas Kampung Media At Tabayyun Senin (6/4) hari ini kedatangan tamu istimewa dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI (Kemenpan RI) dan Para peneliti dari lembaga JPIP Jakarta. Diwakili Martina Simanjuntak dan Dadan S Suharmawijaya, kemenpan mendatangi Kampung Media At Tabayyun di Kantornya Jl. Balok Datuk Montong Gamang Kopang lombok Tengah.

TIM Kemenpan dan para peneliti JPIP diterima Ketua KM Tabayyun Ahmad Jumaili dan rekan-rekannya.

Dijelaskan oleh mereka, kedatangan kemenpan tersebut karena KM Tabayyun dipilih sebagai salah satu pilot project progresifitas Kampung Media NTB yang akan dinilai sebagai program unggulan pemerintah daerah dan Award Program Daerah Untuk Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Daerah di Indonesia.


"Kami kesini untuk melihat progresifitas program kampung media secara langsung" Ujar  Dadan.

TIM Kemenpan dan JPIP juga memberikan pertanyaan-pertanyaan kunci seputar aktifitas Kampung media At Tabayyun dan partisipasinya dalam pembangunan transparansi birokrasi serta akuntabilitas layanan publik di NTB.

Ahmad Jumaili menjelaskan, Kampung Media At Tabayyun sebagai bagian dari Kampung Media NTB berupaya mendorong partisipasi masyarakat untuk dapat mengakses informasi dan memberikan feed back serta krits bagi terlaksananya program-program yang dilaksanakan pemerintah daerah.

Salah satu yang dilakukan Kampung Media At Tabayyun adalah, memberikan informasi-informasi positif dari halaman rumah sendiri dan di ketahui publik melalui internet. Informasi-informasi tersebut ada yang berupa informasi ringan seputar kehidupan langsung masyarakat dan juga aktifitas yang menjadi imbas langsung dari proses pembangunan di Nusa Tenggara Barat.

Perihal keterbukaan informasi publik, kampung media At Tabayyun juga berupaya mengikuti proses-proses dari kegiatan-kegiatan birokrasi pemerintahan desa dan kecamatan seperti proses penyusunan RPJMDes dan Musrembang di tingkat kecamatan.

"Ditiap Musrembang, baik musrembangdes di desa-desa serta musrembang di kecamatan kami selalu mengikutinya dan menuliskannya di internet" Tegasnya.

Selain itu, dalam proses pemberdayaan informasi, KM A Tabayyun juga memberikan advokasi bagi masyarakat untuk melek informasi terutama yang terkait langsung dengan aktifitas ekonomi masyarakat.

Ia mencontohkan beberapa produk lokal Janapria dan Kopang yang berhasil di perkenalkan kampung media seperti Telur Asin Bakar Khas Lombok, Madu Sumbawa, Terasi Lombok, Kerajinan Ketak dan Kerajinan Rotan.

Aktifitas-aktifitas ekonomi skala kecil yang dilakukan masyarakat tersebut, oleh kampung media at tabayyun dikawal an dibantu berpromosi via online sembari ikut serta dalam proses distribusi. []