Kreatifitas oleh-oleh telur asin Lombok

Kalau ke Lombok gak afdhal rasanya kalo gak bawa oleh oleh telur asin Lombok. Ya, selain Brebes Jawa Tengah, Lombok adalah satu-satunya daerah penghasil telur asin terbaik di Indonesia. Bahkan, telur asin saat ini oleh pemerintah NTB sudah dijadikan bagian dari promosi wisata khususnya  barang oleh-oleh bagi wisatawan di Lombok.

Belum ada memang wilayah di lombok yang mengklaim dirinya sebagai pusat Telur Asin, karena memang produksi telur asin dalam jumlah besar belum ditemukan di daerah ini, yang ada adalah home industri yang dilakukan peternak yang menyebar di desa-desa di Lombok.

Namun begitu lihatlah, begitu banyak telur asin yang bisa anda temui. Hampir di semua rumah makan, restoran dan warung-warung menjual telur asin lokal, yang dijual tentu saja telur asin produksi masyarakat sekitar.

Karena banyaknya produsen telur asin lokal, maka masyarakat banyak yang secara alami melakukan kreatifitas sendiri dalam membuat telur asin ini.

Jika di Mataram anda hanya bisa temui telur asin rebus, maka di lombok barat anda akan temukan  telur asin aneka rasa. Telur asin rasa durian, rasa strawbery, rasa melon dan lain-lain.

Yang lebih unik lagi, di  Janapria Lombok Tengah anda akan menemukan jenis telur asin lain,  telur asin yang diproduksi dengan cara di bakar.

Pengusaha telur asin bakar di Janapria pak Sus ketika ditemui Tabayyunews mengatakan, awal dia membuat telur asin jenis ini karena ia melihat telur asin begitu banyak di pasaran, sementara rasa dan aroma rata-rata sama saja, sehingga ia membuat telur asin yang khas dan segar dalam bentuk telur asin bakar.

"Saya kedepan punya rencana bikin telur asin pedas dan manis" ungkap pak sus.

Tak hanya di Janapria, seorang warga pembuat telur asin lainnya Abdurrahim, punya cara kreatif  sendiri membuat telur asin bakar yakni dengan pembakaran menggunakan pasir.

Sama dengan pak sus, Abdurrahim juga ingin punya telur asin yang berbeda, menurutnya, pembakaran menggunakan pasir ternyata membuat kandungan air dalam telur lebih sedikit dibandingkan dengan pembakaran model biasa apalagi melalui perebusan.

"Telur asin kami lumayan disukai karena kandungan airnya sangat sedikit" ungkapnya.

Nampaknya, banyaknya produsen telur asin di pulau lombok ini telah membuat banyak warga secara kreatif membuat oleh-oleh telur asin Lombok khas sendiri,  entah telur asin macam mana lagi yang bisa anda temui nanti karena kreatifitas masyarakat ini gak ada habis-habisnya. Selamat berburu telur asin..