Terasi Lombok Potensial Jadi Peluang Bisnis


terasi_lombok
Bagi anda yang pernah berkunjung ke Pulau Lombok, pasti anda akan dikenalkan dengan menu masakan khas lokal yakni Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. 

Satu yang khas dari dua jenis masakan ini adalah, pedasnya dan cita rasa terasinya. Karena itulah, terasi Lombok begitu terkenal hingga mancanegara karena dua masakan ini.

Tahukah anda dimana awal mula terasi lombok ini diproduksi? Hasil penelusuran Tabayyunews, tak diketahui secara pasti dimana terasi asli Lombok diproduksi pertama kali. Yang jelas saat ini terasi lombok yang khas itu sudah menjadi buatan lokal dan menjadi industri rumahan di beberapa kawasan di Pulau Lombok.

Tabayyunews menemukan beberapa kawasan tempat dimana terasi asli lombok ini diproduksi, dua diantaranya adalah Desa Keruak dan Desa Jerowaru Lombok Timur.

terasi_udang_lombokBaru-baru ini, Baiq Suyatni, seorang kontributor Komunitas Kampung Media At Tabayyun, menceritakan kepada tabayyunews bahwa terasi lombok berpotensi menjadi bisnis yang menggiurkan jika digarap secara serius. Hal ini ia buktikan dengan banyaknya pengunjung blog sederhana yang ia bikin khusus membahas terasi lombok dan bisa di akses di www.terasi-lombok.blogspot.com

Baiq Suyatni mengatakan, kunjungan untuk blog tersebut cukup banyak karena memang banyak pengguna Internet yang ingin mengetahui tentang jenis terasi ini.

Ditambahkannya, terasi Lombok memang penyedap masakan yang unik. Dari beberapa daerah yang ia kunjungi seperti Jakarta, Madura, Sumatera dan Sulawesi Tengara, terasi Lombok memang dinilainya jauh berkualitas dibanding terasi asal daerah-daerah tersebut. Terasi Lombok memang dibuat secara manual dan membutuhkan kelihaian dalam meracik bumbu dan metode penghalusannya. Sehingga terasi lombok menghasilkan menu masakan yang gurih dan lezat.

pembuatan_terasiMenurut penjelasannya, terasi lombok ada beberapa jenis. Yang paling terkenal adalah terasi udang dan terasi lengkare. Selain itu ada juga terasi Ikan dan terasi berok.

Namun diantara jenis-jenis terasi ini yang paling banyak di pasaran adalah terasi Udang, dan terasi jenis inilah yang digunakan peracik masakan untuk membuat plecing kangkung dan ayam taliwang.

Nah sekalian berpromosi, bagi anda yang menginginkan Terasi Lombok, silakan kunjungi blog Baiq Suyatni di www.terasi-lombok.blogspot.com Atau  kontak Nomor HPnya di 081916073374 Atau Invite Pin BB-nya langsung di 25B9A3E1, kamu bisa tanya-tanya dulu sebelum membeli. []