Perangkat PLIK SP Tiba KM Tabayyun


layanan_internet_kecamatan_produktif
Setelah dinanti cukup lama, alat-alat yang akan digunakan untuk melaksanakan Program Pusat Layanan Internet Kecamatan Sentra Produktif (PLIK-SP) di Kampung Media At Tabayyun Janapria akhirnya sampai di lokasi pada Jum’at (8/3) kemarin. Alat-alat tersebut seluruhnya berjumlah 23 paket terdiri dari lima unit komputer user, satu unit komputer server, instalasi internet, instalasi listrik serta perlengkapan meubelair.

PLIK-SP ini merupakan program kerjasama Layanan Internet Murah Untuk masyarakat yang oleh PT. Wira Eka Bakti (WEB) yang bekerjasama dengan Kampung Media NTB melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) pusat.

Dari 60 Komunitas Kampung Media yang ada di NTB, sedikitnya ada 20 kampung Media yang diberikan kesempatan mengelola PLIK SP saklah satunya KM At Tabayyun di Janapria.

Ketua Kampung Media At Tabayyun Ahmad Jumaili ketika ditemui di lokasi PLIK SP di Jalan Montong
Gamang-Janapria, Kopang, Lombok Tengah mengatakan, KM At Tabayyun dinilai PT. WEB layak mengelola PLIK-SP setelah sebelumnya tim kominfo dan PT WEB melakukan survey kelayakan.

“Kami di survey sekitar bulan Juni lalu, setelah itu baru tanda tangan MoU” Jelas Jumaili.

layanan_internet_kecamatan_produktif
Lebih lanjut Jumaili menjelaskan, sistem kerjasama antara Kampung media dengan PT WEB adalah sistem pinjam pakai selama 3 tahun. PT WEB sebagai penyedia layanan dan Kampung Media sebagai pelaksana.

“Kami hanya pelaksana program saja, kami diwajibkan hidupkan internet 8 Jam sehari, dan nyetor ke PT WEB sebesar 500 ribu perbulan” Jelas Jumaili.

Ia menambahkan, program ini akan berlangsung selama 3 tahun.

“Kalo sudah 3 tahun, semua perangkat ini akan menjadi milik pengelola” Ujarnya.

PT WEB juga tak segan-segan akan mencabut kerjasamanya dan mengambil semua perangkat PLIK SP jika ternyata KM At Tabayyun tidak bisa memenuhi MoU yang sudah disepakati.

Jumaili menyatakan terimakasihnya kepada Menkominfo, PT WEB dan Kampung Media NTB yang telah memberikan kepercayaan kepada komunitas yang di bangunnya untuk mengelola PLIK SP.
Ia berjanji akan berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan PLIK SP untuk pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang informasi dan layanan internet murah.

“Aktifitas pasti tidak akan jauh-jauh dari kegiatan kampung media yang sekarang, membaca, menulis dan utak-atik komputer” kata Pria yang biasa disapa Jhellie ini.

PLIK-SP
Selain itu, ia berencana rutin mengadakan kursus-kursus singkat yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh anak-anak terutama mereka yang putus sekolah, pemuda desa dan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

“Spirit kampung media dan PLIK SP ini berbagi tidak pernah rugi” Tandas Jumaili sambil tersenyum.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk ramai-ramai datang ke PLIK-SP dan memanfaatnya untuk hal-hal positif.

“Silakan datang, kita berbagi, kita belajar, dan PLIK ini milik kita bersama” Pungkasnya.(SAMSUL)