Kendala Koneksi Internet, Tabayyunews Ngadat

kampung_media
Koneksi internet yang kurang memadai di kampung halaman membuat aktifitas komunitas kampung media at tabayyun sedikit terganggu terutama kegiatan penulisan online. Hal ini diakui Admin Web Tabayyunews.Com Saiful Hamdi, saat pertemuan rutin Tabayyun di SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak Selasa (26/2) kemarin.

Saiful mengatakan, untuk melakukan aktifitas online selama ini, tabayyun hanya menggunakan Modem Samrtfren. Namun karena terjadi perubahan kualitas sinyal smartfren membuat koneksi tak memungkinkan dilakukan terutama untuk update blog.

“Bisa sih bisa konek tapi gak bisa digunakan Upload” Jelas Sifiul.

Saiful juga mengatakan, hingga saat ini, terhitung 4 bulan Tabayyunews.Com vacuum dan tak pernah update. Namun demikian, aktifitas-aktifitas kampong media yang lain seperti peliputan, diskusi serta nonton film tetap jalan seperti biasa.

“Aktifitas online kami saja yang terganggu, aktifitas lain seperti menerbitkan bulletin Tabayyun yang ditempel di desa dan kecamatan masih tetap jalan” Katanya menegaskan.

Ahmad Suriadi salah seorang wartawan tabayyun yang turut hadir dalam pertemuan itu meminta agar tabayyun segera mencari solusi masalah internet ini. Baginya, internet adalah kebutuhan mendasar di tabayyun. “ini kebutuhan mendasar kita, kita minta tolong pak ketua agar kita ini di fasilitasi, bagaimana caranya” Ujar adi.

Motivator dan Ketua KM At Tabayyun Ahmad Jumaili menanggapi hal tersebut. Fasilitas internet yang kurang memadai di Tabayyun memang sudah lama menjadi masalah.

Jumaili mengungkapkan beberapa kemungkinan yang akan dilakukan Tabayyun kedepan seperti akan memanfaatkan PLIK SP dan juga koneksi internet via layanan lain seperti Kopi Panas Internet.

“Selain PLIK SP, insya allah kita akan kontak Kopi Panas Internet, berapa biayanya kalo memungkinkan kita akan pasang wifi disini” Ujar Jumaili member harapan pada teman-temannya [Agus]