Dari Kampung Ingin Jualan Madu Ke Seluruh Dunia


entrepreuneur_madu_muda
Pagi itu Ahmad Jumaili, seorang pebisnis madu asli di Desa Durian janapria terlihat sibuk mengemas madu dagangannya. Dibantu isterinya Suyatni ia mengemas madu tersebut yang akan segera di kirim ke beberapa daerah di Indonesia.

“Ini mau saya kirim ke Medan, yang ini ke Jakarta” Ujarnya sembari menunjuk madu yang sudah dimasukkan dalam jerigen ukuran 1,5 kg dan beberapa botol aqua 600 ml.

Pagi itu, wartawan Tabayyunews memang sengaja menemuinya untuk mengetahui bisnis madu yang digeluti lelaki kampung ini

Menurut cerita laki-laki yang juga berprofesi sebagai guru swasta ini, ia menggeluti bisnis madu asli sejak tahun 1997 persisnya ketika ia masih kuliah disalah satu perguruan tinggi Negeri di Kota Mataram.

Kala itu seorang rekannya memintanya mencarikan madu asli untuk seorang yang baru saja menjadi pembicara dalam sebuah seminar nasional di Kota Mataram. Iapun berkeliling mencari madu asli namun tak menemukannya. Dan ia mengaku terpaksa membeli madu oplosan dan memberikannya ke pembicara tersebut.

Pengalamannya sulitnya mencari madu asli inilah yang diceritakannya melalui blog www.madulombok.com Blog itu ternyata dikunjungi banyak pengguna internet sehingga banyak orang luar daerah NTB yang memesan madu padanya.

“Sejak tahun 1997, sudah ada yang pesan dari Jakarta, Makasar bahkan ada yang dari Riau dan Aceh” terangnya.

madu_asli_sumbawaKarena banyaknya pemesanan madu asli dari berbagai daerah di Indonesia, Jumaili mengaku sempat kualahan melayani pem beli madu asli di Internet.

“Cari madu asli itu sulit sekali mas, saya puluhan kali dibohongi, bilangnya madu asli tapi ternyata madu palsu” Ungkapnya.

Sejak saat itu, Jumaili memulai kontak dengan petani madu langsung dari pulau Sumbawa yang terkenal dengan produksi madu Apis Dorsata atau madu hutan “Sekarang, stok tetap ada karena saya sudah punya sekitar 20 pemburu madu hutan di Sumbawa” Katanya.

Walaupun demikian, Jumaili mengaku masih kesulitan jika ada konsumen yang mau membeli madu asli dalam jumlah banyak.

Stok madu asli selalu terbatas karena gak mungkin pemburu mendapatkan madu sampai berton-ton, seorang petani atau pemburu paling banyak bisa dapat 10 botol madu sehari, gak lebih” Katanya menjelaskan.

Karenanya, ia meminta kepada para setiap pelanggannya agar mengontaknya dan memesan madu asli satu atau dua bulan sebelumnya jika ingin pesan madu asli dalam jumlah banyak.

“Kami gak siap kalo langsung-langsngan, karena tadi itu madu asli tak bisa di dapatkan dalam jumlah besar” Tegasnya. [Agus]