Wah! Turis AS Lagi Tergila-gila dengan Lombok


gili_trawangan
Tabayyunews - Lombok semakin naik daun di mata wisatawan mancanegara. Dari aneka negara, rupanya turis asal AS adalah yang paling ingin berlibur ke Lombok.

Demikianlah tren pencarian informasi liburan ke Lombok menurut situs pencarian Wego. Sebanyak 20 persen pengguna situs Wego yang mencari informasi liburan ke Lombok berasal dari AS. Jumlah ini paling besar dibandingkan pengguna dari berbagai negara lain sepanjang Januari-September 2012.

"Kami melihat adanya tren pencarian berbagai destinasi baru di Indonesia, baik oleh wisatawan lokal ataupun asing," jelas Graham Hills, Managing Director Wego Indonesia dalam rilis kepada detikTravel, Selasa (30/10/2012).

Tren ini seirama dengan data Disbudpar Provinsi NTB yang mencatat peningkatan kunjungan wisatawan ke Lombok pada semester I 2012 sebesar 36% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada Januari-Juni 2012 sudah ada 500 ribu kunjungan wisatawan. Jumlah kunjungan wisatawan asing meningkat 47% selama semester I 2012 dibandingkan semester I 2011.

Menurut Hills, Bali mungkin masih yang paling banyak dicari, tapi Lombok pun makin populer seiring dengan makin mudahnya masyarakat mengakses informasi mengenai Lombok secara online. Bisa diperkirakan, faktor ini dapat meningkatkan angka kunjungan ke Lombok. Setelah Lombok, Padang, Wakatobi ataupun Manado diprediksi juga akan semakin populer.

"Ketiga destinasi itu juga akan menjadi fokus pencarian online para traveler," tambahnya.

Untuk penerbangan menuju Lombok, 57% pengguna Wego memilih Lion Air, 20% memilih Garuda Indonesia dan 15% memilih Batavia Air. Untuk wisatawan mancanegara yang ingin pergi ke Lombok, 33% memilih Lion Air, 29% memilih Garuda Indonesia, Singapore Airlines dan Batavia Air masing-masing 6%. AirAsia belakangan meningkat seiring pembukaan jalur baru dari Johor Bahru langsung menuju Lombok.

"Akses ke Lombok makin mudah dengan rute baru tersebut. Dibukanya Bandara Internasional Lombok juga mendukung pertumbuhan industri perhotelan di Lombok dan pada akhirnya bisa meningkatkan jumlah wisatawan," kata Hills.

Pencarian kamar hotel di Lombok pun meningkat 10 kali lipat. Menurut data Wego, 5 hotel di Lombok yang paling dicari adalah Santosa Villas and Resort, Novotel Lombok Hotel, Bidadari Hotel, Kuta Indah Hotel, Puri Mas Boutique Resorts & Spa.

SUMBER : DETIK.TRAVEL