NTB Targetkan 2 Juta Wisatawan Akhir 2015


wisata_lombok
Tabayyunews.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memprogramkan kunjungan dua juta wisatawan yang akan dicapai pada akhir 2015, sebagai program lanjutan Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012 dengan target satu juta wisatawan.

"Direncanakan, Bapak Presiden yang akan meluncurkan program dua juta wistawan itu, karena Bapak Presiden yang meluncurkan program VLS 2012," kata Wakil Gubernur NTB, Badrul Munir, di ruang VIP Pemprov NTB di Bandara Internasional Lombok (BIL),  Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, sekitar 45 kilometer dari Kota Mataram, Jumat (12/10/2012).

Di ruang VIP Pemprov NTB di BIL itu, digelar acara penyambutan rombongan penerbangan perdana AirAsia rute Kuala Lumpur-Lombok, yang mengangkut 180 orang penumpang, termasuk sejumlah pejabat NTB.

Badrul mengatakan, program VLS 2012 yang diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, 6 Juli 2009 dipastikan mencapai target satu juta wisatawan.

Dijadwalkan, 17 Desember 2012, saat puncak peringatan HUT ke-54 Pemerintah Provinsi NTB, akan diluncurkan program lanjutan VLS 2015 dengan target dua juta wisatawan itu. Puncak peringatan HUT Pemprov NTB itu, bertepatan dengan puncak peringatan Hari Nusantara 2012 tingkat nasional yang dipusatkan di Pulau Lombok.

"Presiden akan hadir dalam puncak peringatan Hari Nusantara 2012 itu, sehingga pada kesempatan itu akan ada pengumuman pencapaian target satu juta wisatawan sekaligus peluncuran program dua juta wisatawan di akhir 2015 itu," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Badrul, Pemprov NTB akan menerapkan strategi baru dalam mempromosikan potensi pariwisata NTB, yang disebut dengan promosi tiga kaki, yakni pemerintah daerah, pelaku pariwisata, dan maskapai penerbangan.

Untuk mengimplementasikan strategi itu, maka Pemprov NTB akan bersama-sama pelaku usaha dan maskapai penerbangan, merumuskan rute penerbangan prioritaskan, agar dapat mencapai target dua juta wisatawan. Selain itu, Pemprov NTB juga akan menentukan destinasi utama pariwisata menuju 2015 dan destinasi potensial.

"Harapan kami, nanti AirAsia juga mendukung program lanjutan VLS itu, bersama maskapai penerbangan lainnya, karena nanti di 2015 juga akan diperingati dua abad meletusnya Gunung Tambora di Pulau Sumbawa," kata Badrul.

Maskapai penerbangan AirAsia telah mengagendakan jadwal penerbangan langsung Kuala Lumpur-Lombok tiga kali seminggu, yang diharapkan bertambah menjadi setiap hari, hingga beberapa kali sehari.

SUMBER : ANTARA / KOMPAS