Pemuda Kampung Bikin Wajan Bolik Penguat Sinyal

wajan_bolik_penguat_sinyal
Ilustrasi
Berbekal ilmu yang ditemukannya di internet, seorang pemuda desa durian bernama Sudirman Haryanto berinovasi membuat wajan bolik sederhana yang berguna sebagai penambah sinyal Modem, HP dan Televisi di kampungnya.

Saat ditemui dirumahnya, di dusun Berombok Desa Durian Kecamatan Janapria, Haryanto mengujicobakan wajan bolik buatannya dihadapan Tabayyun. Dan memang, wajan bolik tersebut mampu meningkatkan sinyal modem Smart Fren dengan kecepatan maksimal 3,1 Mbps dengan dual Frekuensi 800 Mhz dan 1900 Mhz.
Wajan bolik sederhana buatan Haryanto terdiri dari sebuah wajan penggorengan diameter 36 cm dan sebuah paralon yang dilapisi aluminium foil atau lakban aluminium ukuran 30 cm.

“Semakin besar diameter wajan semakin besar sinyal yang didapat bahkan bisa sampai tekhnologi EVDO Rev B dengan kecepatan up to 14,7 Mbps” Kata Haryanto Menjelaskan.

Namun anto mengakui, karena minimnya peralatan yang ia punya, saat ia hanya mampu membuat wajan bolik yang setara dengan EVDO Rev A dengan kecepatan maksimal 3,1 Mbps.

“Ini saja, saya pakai penyiong inak saya didapur” Katanya sambil terbahak.

Darimana ia mendapatkan ilmu membuat wajan bolik ini? Pemuda yang baru saja lulus di IKIP Mataram jurusan pendidikan Fisika ini mengaku belajar secara otodidak di internet.

“Saya download tutorialnya, saya pelajari satu demi satu dan praktikkan, ternyata sangat mudah” akunya pada Tabayyunews.

Haryanto berharap ada orang yang mau memodalinya untuk mengembangkan wajan bolik buatannya ini sehingga bisa dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat.

“Saya ingin membantu masyarakat terutama sekolah-sekolah terpencil yang saat ini susah sekali mendapatkan sinyal internet atau sinyal televisi” Jelasnya.

Pemuda yang juga aktif di pergerakan mahasiswa ini menambahkan, kalo ada yang mau memodalinya, ia siap membuat wajan bolik tersebut dalam jumlah besar dan bisa dipasarkan dengan harga murah khususnya di kawasan terpencil seperti Janapria dan sekitarnya. [AJ]