LAPORAN MOTIVATOR BULAN JULI 2012

KAMPUNG MEDIA AT TABAYYUN JANAPRIA

No
Hari/ Tanggal
Kegiatan
Isi Kegiatan
Yang terlibat
1
2 Juli 2012
Liputan ke pantai Kute Lombok Tengah
Sambil jalan-jalan ke pantai kute, kami melakukan liputan tentang eksotisnya pantai kute dengan pasir putihnya. Berita ini kami turunkan dalam liputan berjudul “Pantai Kute, Eksotis Dengan Pasir Merica”
Jumaili, Mastar
2 Juli 2012
Beleka, Pusat Kerajinan Rotan
Berkunjung ke desa beleka di rumahnya Mastarudin. Sambil jalan-jalan ke ponpes Darul Mujtahidin, kami menyaksikan pembuatan kerajinan dari Rotan oleh masyarakat Beleka. Hasil kunjungan ini kami turunkan dalam liputan : Beleka, Pusat Kerajinan Rotan
http://www.tabayyunews.com/2012/07/beleka-pusat-kerajinan-rotan.html
Mastar
3 Juli 2012
Berdiskusi di Sekretarian Program Unggulan NTB Bersama kampong media Mellbao dan Kampung Media Cakra Bersinar
Kesempatan ke mataram, berkunjung ke secretariat program unggulan provinsi NTB di kantor Gubernur NTB. Dalam pertemuan itu kami membahas tentang minimnya promosi wisata yang dilakukan pemerintah khususnya terkait dengan wisata pedesaan. Akhirnya memghasilkan catatan kritis tentang “Potensi Desa Wisata Belum Dikembangkan”
Jumaili
Ahyar Rosyidi
Shafwan
Turmudzi
Fairus
3 Juli 2012
Berdiskusi tentang arah pengembangan Kampung Media NTB bersama Fairus di Sekretariat program unggulan NTB
Dalam kesempatan ini, fairus merencanankan untuk penguatan kapasitas penulisan yang dilakuakn teman-teman kampung media NTB, Ada kesan tulisan teman-teman kampung media NTB belum layak dinamakan tulisan reportase Jurnalistik sehingga butuh pengembangan keilmuan khususnya dibidang penulis,
Fairus
Jumaili
Shafwan
Ahyar
Turmudzi
7
8 Juli 2012
Lipuatan Tergiur Cerita Orang, Dua Warga Pilih Adu Nasib Di Kolong Sekotong Di secretariat tabayyun, Mastar mengetik berita tentang cerita dua orang Warga yang memilih adu nasib di mencari emas di sekotong. Ini berita ironis padahal dua orang tersebut memiliki pekerjaan di desa yang justru di telanhtarakkannya hanya untuk pergi mencari emas.
Liputan ini termuat di blog tabayyun dengan judul :
http://www.tabayyunews.com/2012/07/tergiur-cerita-orang-dua-warga-pilih.html
Jumaili, Epol, mastar
8
12 Juli 2012
Lipuatn di Dusun Gantar Desa
Liputan ini mengulas Dusun Gantar Desa Ganti Kecamatan Praya Timur yang ternyata dulunya adalah desa pengerajin batik yang cukup potensial., Namun karena jarang tersentuh promosi akhirnya desa ini tenggelam.
Ada beberapa orang di desa itu yang saat ini masih menjadi pengerajin batik bercerita, bahwa saat ini pekerjaan membatik sudah banyak di timgggalkan warga karena dinilai tidak memberikan banyak keuntungan.

Hal ini termuat dalam liputan berjudul : gantar, Dusun Batik yang hilang, dapat di akses di :
Mastar, Pengerajin Batik
9
13 Juli 2012
Liputan ke PLIK kecamatan roni Informasi di Desa Informasi
Liputan ini menggambarkan betapa program PLIK selama ini ternyata tidak terlalu efektif di tengah masyarak. Hal ini setelah diadakan kunjungan ke lokasi PLIK di SMP satu janapria.

Liputannya dapat dibaca di :
Jumaili, Mastar, Pengelola PLIK
10
14 Juli 2012
Liputan tentang progresifitas KM Tabayyun yang di kirimi Tabloid Komunika dari Menkominfo
Mengulas tentang dikirimkannya lagi KM Tabayyun sebuah bulletin yang terbit secara nasional bernama Tabloid Komunika. Tabloid ini rutin di kirim ke tabayyun dan di sebarkan secara continue ke tengah masyarakat, kantor desa dan kantor kecamatan.
Liputannya dapat di akses di :

Epol, Ugek, Nuruddin
11
25 Juli 2012
Bertemu dengan Muhammad Paozi pemuda sekaligus anggota BPD Desa Duruan
Didapatkan informasi BPD desa duruan telah terbentuk. Dan saat ini diketuai oleh H. Sujiman S. Pd.

Liputannya dapat di akses di :
Ugek, Jumaili, M. Paozi
12
25 Juni 2012
Meliput aktifitas LSM Mareje Bongak.
Liputan ini mengangkat profil salah seorang ketua LSM Mareje Bongak Majrun yang sangat konsense di Lingkungan dan hutan. Ia memberdayakan masyarakat hutan Bongak terutama di kampungnya, Dusun Patre Wangi Desa mangkung Kecamatan Praya Barat.

Liputannya bisa diakses di :
Majrun, Mastar
13
30 Juli 2012
Liputan Aksi Warga Lombas Turunkan Kepala Dusun Warga dusun Lombas, Desa Dsan Baru Kopang meminta mundur kepala desanya karena kasus moralitas. Tabayyun mengadakan liputan ke Lombas. Menemui kepala dusun namun tak bertemu, dan menemui salah seorang tokoh masyarakat bernama Mustafa disna yang banyak memberikan keterangan.

Liputannya bisa dibaca di :
Jumaili, Mustafa dan Warga