Petani Tembakau APTI Akan Demo Besok

Kecewa dengan harga tembakau yang murah, ribuan petani di Lombok Timur dan Lombok tengah yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) berencana akan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran ke perusahaan tembakau dan pemerintah hari selasa (30/8) besok.

 Ketua APTI Lombok Tengah H. Abdul Karim rabu, (29/8) siang tadi mengatakan, aksi tersebut dilakukan terkait murahnya harga tembakau musim tanam tahun ini. “Kami sudah mengadakan rapat, dan besok APTI Lombok Tengah dan APTI Lombok Timur akan turun jalan” tegas H. Karim.

Ditemui di halaman Gudang Tembakau Djarum Montong Gamang Kopang Lombok tengah, H. Karim menjelaskan,massa yang akan turun sekitar 2000 orang masing-masing dari anggota APTI Lombok tengah 500 orang dan APTI Lombok Timur sebanyak 1,500 orang.

 “Kami akan turun, dari loteng 500 orang dari lotim 1.500 orang” Kata H. Karim.

Dijelaskan H. Karim, aksi besar-besaran ini akan dilakukan sejak pagi, yang dimulai dari Gudang Tembakau Djarum di Montong Gamang Kopang Lombok Tengah dan akan dilanjutkan ke kantor Gubernur dan DPRD Provinsi NTB di Mataram.

 “Ini adalah bentuk keprihatinan bersama terkait murahnya harga tembakau sekarang ini. Petani merasa di Dzolimi, jadi tak ada jalan lain selain aksi” Tegas H. Karim. [AJ]