Kampung Media Tabayyun Disurvei Tim PLIK SP

Terkait rencana program Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) Sentra Produktif,  Kampung Media At Tabayyun Kecamatan Janapria mendapat giliran disurvei tim PLIK SP propinsi NTB hari Jum’at (27/7) pekan lalu.

Freddy, surveyor PLIK SP yang datang mewakili PT. Jasnita Web sebagai Mitra dari PLIK SP mengatakan, PLIK SP ini adalah program lanjutan dari PLIK yang ada di kecamatan yang sudah direalisasikan dua tahun lalu. Dikatakannya, program PLIK SP ini diadakan sebagai tindak lanjut evaluasi program PLIK di kecamatan seluruh Indonesia yang dinilai berjalan kurang optimal. 

Berbeda dengan PLIK lama yang ditempatkan di lembaga-lembaga pemerintah dan sekolah, PLIK SP akan ditempatkan di komunitas-komunitas masyarakat yang sudah eksis. Karena menurut Freddy, tujuan PLIK bukan hanya mensindikasikan informasi ditengah masyarakat tapi juga bisa mengembangkan sentra produktif Bisnis UKM yang digabungkan dengan Teknologi Informasi sehingga terjadi iinteraksi terutama dalam hal promosi produk UKM ke cakupan yang lebih luas.

"Kami melihat, keinginan ini hanya bisa dicapai jika PLIK di tempatkan di komunitas-komunitas yang sudah eksis seperti Kampung Media At Tabayyun" Jelas Freddy.

Seperti halnya PLIK lama. PLIK SP juga akan difasilitasi perangkat 5 Komputer User, 1 Komputer Server, jaringan internet dan beberapa perlengkapan lain seperti printer dan Genset.

“Dari segi fasilitas, PLIK SP tak jauh beda dengan PLIK yang sudah ada, perbedaannya mungkin hanya di jaringan internetnya, rencananya PLIK SP akan menggunakan jasa Telkom Speedy, tidak seperti PLIK sekarang yang menggunakan Lintas Arta” Tambahnya.

Dijelaskan Freddy, Kampung Media At Tabayyun adalah 1 dari sekitar 60 Kampung Media di NTB yang akan ditempati untuk PLIK SP ini. Persyaratan yang harus dipenuhi masing-masing pengelola adalah adanya tempat, jaringan telepon rumah dan kapasitas listrik yang memadai.

“Tidak semua Kampung Media di NTB akan diberikan PLIK SP, karena tidak semua siap terutama dari sarana” Tambahnya.

Ahmad Jumaili ditemui di lokasi yang akan ditempati untuk PLIK SP menjelaskan, dirinya telah menandatangani beberapa pernyataan dan nota kesepakatan bersama dengan PT. Jasnita Web sebagai pihak mitra PLIK SP.

Sedikitnya, ada 8 butir isi pernyataan dan kesepakatan bersama tersebut.
“KM At Tabayyun sebagai pengelola siap menyiapkan tempat, jaringan telepon dan instalasi listrik dan sanggup mengoperasikan PLIK SP 8 Jam sehari” Ujar Jumaili.

Ia menambahkan, selain itu jika dalam waktu yang sudah ditentukan KM At Tabayyun tak memenuhi kesepakatan itu maka KM At Tabbayyun harus siap mengembalikan semua perangkat PLIK SP Ke PT. Jasnita Web karena perangkat tersebut statusnya di pinjam pakai.

“Kami akan diberikan hak pakai selama 4 tahun, setelah 4 tahun berjalan, baru perangkat PLIK SP ini menjadi milik KM Tabayyun” Jelas Jumaili.

Salah seorang pengurus Kampung Media At Tabayyun Mastaruddin yang juga hadir dalam kesempatan itu mengaku sangat senang atas dipercayainya KM Tabayyun untuk mengelola PLIK SP ini.

“Selama ini, kami memang sangat kesulitan mengakses internet, kita hanya bisa menggunakan modem yang sangat terbatas. Alhamdulillah, sekarang kami dipercayai untuk mengelola PLIK SP ini, kami akan memanfaatkannya dengan maksimal” Ujar Mastar sembari tersenyum lebar. [Mtr/AJ]