Motivator Report April 2012


No
Hari/ Tanggal
Tempat
Nama Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Stakeholder yang Terlibat
1
1 April 2012
Sekretariat KM At Tabayyun
Terima Tamu Kemas Cell
Kemas Cell menawarkan KM Tabayyun untuk jualan pulsa electric dan photo copy canon


3 April 2012
Belah Are , Desa durian
Menghadiri Kumpul Bajang di rumah Arifin, S. Pd
Acara ngumpul-ngumpul dengan pemuda desa di Rumah slah seorang tokoh pemuda dusun paok dandak membicarakan tentang banyak hal terkait dengan kemajuan desa terutama menjelang Pilkades 2012
Jumaili, Udin, Jumidin, Arifin, Baharuddin, Muslihadi, Ahyar Rosyidi

4 April 2012
Paok Dandak Desa Durian
Bertamu ke H. Muslim
H. Muslim pada sore harinya kontak ke HP saya dan menyuruh main-main ke rumahnya sehabis magrib. Ia katanya akan membicarakan terkait isu penarikan uang pada program Prona di Desa Durian yang sudah di beritakan Tabayyun (Offline). Pada kesempatan itu, saya memberitahu H. Muslim, bahwa adanya penarikan uang untuk Prona itu sebetulnya tidak hanya terjadi di Desa Durian, tapi menurut informasi yang say abaca di suarantb.com bahwa juga terjadi di Lombok barat dan Lombok timur. Hanay saja, jumlah penarikannya berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat yang lain
Jumaili, H. Muslim, Syarifuddin

6 April 2012
Kantor Desa durian di durian
Mengunjunggi mahasiswa UMM yang sedang KKN di Kantor Desa Durian
Saya ketemu dengan hafiez dan Faizah. Saya bercerita tentang Tabayyun dan mereka sangat apresiatif. Dia juga menceritakan untuk perpisahan KKN yang akan di lakukan Dua minggu Lagi akan diadakan pementasan wayang L Nasib. Katanya minta diliput tabayyun.
Mereka juga minta di bombing karena sebagai mahasiswa mereka mengaku belum banyak berpengalaman bermasyarakat.
Hafiez, Faizah, Saiful Hamdi, jumaili


Main-Main ke PLIK di SMP 1 janapria
Ketemu dengan pak Eko dan minta ijin agar bisa menggunakan PLIK
Tetapi ternyata semua computer PLIK sudah tidak bisa beroperasi. Alasannya, Stavolnya rusak dan tidak bisa hidup. Mereka malah menggunakan Laptop
Jumaili, Pak eko PLIK

7 April 2012
Pendem Kecamatan Janapria
Bertamu ke kepala Desa Pendem
Kepala Desa pendem menerima kami di beranda rumahnya. Selain bersilaturrahim memberitahukannya akan mengundang teman-teman KKN di Desanya untuk main-main ke Tabayyun, kami juga menginformasikan keberadaan tabayyun, dan ia sangat bangga. Dia meminta agar berita-berita tentang desa pendem di angkat ke tabayyunews. Dia menginformasikan, dua minggu yang lalu, desa Pendem di kunjungi oleh UNICEP terkait program penghijauan di Desa pendem. Diakatakannya, satau-satunya desa di janapria yang di Kunjungi 6 Orang Asing baru pendem saja. Bule-bule itu dia ajak berkeliling di desa dan naik bukit pendem untuk melihat Australia dari puncaknya.
Selain itu, Kades mengajurkan jika ingin bekerkjasama terkait kegiatan-kegiatan desa pendem, ia meminta agar tabayyun berhubungan dengan pak Nasri di kantor desa pendem yang merupakan Staff dan menginventarisir kegiatan-kegiatan desa setiap bulan
Kades Pendem, Isterinya, Suhaili, M. Si (kepsek SMKI sirajul Huda) dan Jumaili

8 April 2012
Sekretariat KM At Tabayyun
Kedatangan Arif dkk. Di Sekret
Arif datang ke Tabayyun awalnya untuk Instal Laptop. Tapi diluar dugaan dia mengaku suka menulis, dan saya perkenalkan tabayyun. Dia janji akan menulisdi tabayyun dalam waktu dekat
Arif, Jumaili, Saeful


Sekretariat KM Al Hikmah Pagutan Batukliang
Rapat Kampung Media Lombok tengah Terkait BINTEK SMA tanggal 2 Mei 2012
Hadir dalam kesempatan itu, KM Al Hikmah, KM kaula, KM Pade angen dan KM At Tabayyun. Disepakati bahwa kegiatan bintek akan dirangkaikan dengan lomba menulis dan menambah peserta yang awalnya diberikan jatah 3 sekolah menjadi 22 sekolah selombok tengah.
Habibullah Kaula, Dety Pade Angen, Jumaili Tabayyun, Al Hikmah

9 April 2012
Di Madrasah Tsanawiyah Sirajul Huda
Silaturrahim ke secretariat KKN STMIK Pancor di kantor Desa pendem
Kami mengunjungi mereka di kantor Desa pendem. Selain silaturraim tujuan kami juga adalah meliput kegiatan merelka di desa pendem.
Mereka memberitahukan bahwa pada malam   tanggl 10 April 2012 akan diadakan nonton bareng di secretariat bersama pemuda desa pendem. Dan kami di undang juga untuk menghadirinya.

Dalam kesempatan itu pula, kami mengetahui teman-teman STMIK sangat mahir Layout dan menyatakan keinginan untuk belajar sama mereka. Dan Alhamdulillah mereka bersedia main-main ke   tabayyun.
Jon, Jumaili, Zaenuddin, Qarina F
az
17 Apil 2012
Montong lekong, Desa durian
Ditelepon Fairuz Zabadi  terkait kedatangan Metro TV
Fairuz Zabadi meminta saya untuk mengajak teman-teman Metro TV dalam liputan terkait Janapria sebagai Desa Informasi. Meliput tentang aktifitas PLIK dan Aktiftas desa informasi di janapria serta aktifitas pengerajin ketak dan kami katakana ok. Bersedia!
Fairus, Jumaili

18 April 2012
KM Tabayyun
Wartawan Metro TV bersiap-siap meliput keguatan   pengerajin ketak
Warawan itu darang berempat. Tiga Cowok dan 1 Cewek. Mereka liputan dan membaca suasana di Kawasan janapria dan sejitarnya.
Fairus, 4 Kru Metro TV, Sopir

18 April 2012
Ketemu Sekretaris Desa Janapria
Menanyakan soal desa Informasi, radio Komunitas dan PLIK
Di kantor desa kami temukan hanya sekretaris desa. Adapun kepala desanya non aktif setelah di demo masyarakatnya. Kami menanyakan soal keberadaan desa informasi, keberadaan radio dan PLIK yang diberikan ke desa Janapria. Namun ternyata, yang ia ketahui hanya Radio Komunitas tersebut. Kami lihat radio Komunitasnya ada persis di sebelah kantor desa namun dalam kondisi sepi.
Fairus, 4 Kru Metro TV, Sopir, Jumaili, Suhaili

18 april 2012
Tibu Sisok
Ketemu Pemilik Art Shop – Rotan di Tibu Sisok
Saya mengajak Wartawan Metro TV bersama   Abu macel untuk melihat suasana pembiuatan dan distribusi ketak di desa loang maka. Hanya saja, ternaya disana tidak ada pengusaha ketak yang ada hanya pengusaha rotan. Hal ini membuat wartawan2 tersebut tak minat untuk meliput disitu, di tanyakan ke saya dimana pengerajin ketak. Saya katakana kalo pengerajin ketak yang biasa-biasa ada di kampong saya Paok Dandak Desa Durian Kec, janapria. Dan akhirnya diputuskan untuk meliput disana saja.
Fairus, 4 Kru Metro TV, Sopir, Jumaili, Suhaili

18 april 2012
Paok Dandak
Mengumpulkan para pengerajin Ketak Desa Durian
Setelah kedatangan metro TV itu, kami mengumpulkan para pengerajin ketak di Paok dandak, dan Alhamdulillah bisa kumpul   sekitar 15 orang. Yang lain tidak bisa ikut kumpul karena sibuk di sawah.
Setelah mereka di syuting ngulat ketak, merekapun bubar.
Fairus, 4 Kru Metro TV, Sopir, Jumaili, Suhaili, Ibu Hus dkk












18 april 2012
Paok dandak
Mengajak teman-teman Wartawan liputan tentang Aktifitas Husnaini- Pengrajin Ketak
Wartawan metro ingin ada satu tokoh yang akan dijadikan figure dalam film pendek durasi 1 Jam itu.  Wartawan metro ingin salah satu pengerajin yang bisa di ajak ngomong dan bercerita tengtang usaha ketaknya. Pilihan akhirnya jatuh ke Husnaini. Ia kemudian  di wawancarai dan diarahkan untuk dilakukan penyutingan. Setelah proses syuting berjalan saya pulang. Sementara shootingnya akan berlansgung hingga esok.
Fairus, 4 Kru Metro TV, Sopir, Jumaili, Suhaili, Ibu Hus dkk


19 april 2012
Paok Dandak
Saya antar teman-teman Metro Ke PLIK Janapria untuk ngambil gambar disana.
Di PLIK kami ketemu dengan pak eko. Dia memfasilitasi untuk syuting, namun saying semua komuter gak ada yang hidup, akhirnya metro hanya mengambil gambr dalam kondisi computer tak menyala. Padahal ceritanya saat itu, Husnaini sedang diajar menggunakan Internet sebagai sarana promosi ketak kerajiannanya.
Fairus, 4 Kru Metro TV, Sopir, Jumaili, Suhaili, Ibu Hus, pak Eko PLIK


19 april 2012
Paok Dandak
Ditelepon Fairuz tentang ralat scenario Metro TV
Fairus mengatakan, liputan yang direncanakan metro TV tentang perak di Lombok Tengah tidak jadi dan akan dialihkan untuk meliput kampong media Tabayyun sebagai perwakilan kampong media se NTB. Yang mengagetkan, saya dimintanya untuk ikut dalam pengambilan gambar, tapi saya bilang siap saja.
Jumaili, Fairus

19 April 2012
Paok Dandak
Tabayyun di wawancarai teman-teman Wartawan  dan akan diangkat menjadi salah satu profil di Akses Menuju Dnia Metro TV
Saya mewakili Tabayyun diwawancarai oleh metro TV bercerita tentan sejarah berdirinya Tabayyun, latar belakangnya, tujuannya dan banyak lagi. Mereka menanyakan pula, harapan kedepan untuk kampong media, saya katakana, ini bisa menjadi corong suara rakyat yang riil dari kampong.
Metro TV, jumaili

20 April 2012
Paok dandak
Ketemu Fairus dan Kawan-kawan Kampung Media NTB membicarakan tentang persiapan BINTEK SMA

Setelah wartawan metro TV pulang, semua teman-teman kampong media loteng kumpul di tabayyun, dan berdiskusi tentang tindak lanjut persiapan Bintek dan Lomba yang akan diadakan di Praya tanggal 2 mei 2012
Habibullah Kaula, Dety Pade Angen, Jumaili Tabayyun Janapria, Al Hikmah, Berugak Desa Kopang, Al Hikmah Pagutan, Pringgarate

27 April 2012
Paok dandak
KOPDAR Tabayyun-
Diisi dengan diskusi tentang Kasus tertembaknya 3 TKI di Malaysia. Dikusi ini menyimpulkan untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa maka tabayyun punya kewajiban untuk menginfomasikan perihal ketenagakerjaan di luar negeri dengan mencoba mencari informasinya di internet.

Jumaili, Amir Syarifuddin, Agus Ahmadi, Saeful Hamdi, Jumidin, Adi