Tanam Pohon Untuk Lingkungan


Siswa-siswi sekolah menengah di Kecamatan Janapria  menunjukkan kepedulian mereka pada lingkungan dengan memprogramkan kegiatan penghijauan dan tanam pohon di seluruh wilayah di kecamatan Janapria.  Rencana ini muncul dalam silaturrahim dan pembentukan Aliansi Pengurus OSIS Lombok Tengah yang disingkat APOLO selasa (19/06) kemarin di SMKN 1 Janapria.

Dalam kegiatan silaturrahim tersebut, tak kurang dari 20 siswa hadir. Mereka merupakan pengurus inti OSIS di sekolah masing-masing yakni OSIS SMAN 1 Janapria, OSIS SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak, SMKN 1 Janapria, SMK Darul Kamilin Bakan, MA Darul Kamilin Bakan.
Menurut ketua OSIS SMKN 1 Janapria, Sabarudin.  Kegiatan ini adalah bentuk dari kepedulian siswa dalam berpartisipasi mengurangi kekeringan, karena Janapria termasuk daerah lahan kering. 

“Kami melihat pohon-pohon di daerah kita sudah banyak yang ditebang, kami khawatir ini akan berakibat fatal bagi nasib kita dimasa depan” Ujar Sabaruddin.

Senada dengan Sabaruddin, ketua OSIS SMK Islam Sirajul Huda juga mengatakan, fenomen Pemanasan Global atau Global Warming mau tidak mau akan memaksa kita untuk berupaya semaksimal mungkin untuk mengantisipasinya. 

“Bencana-bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di LombokTimur dan daerah-daerah lain harus menjadi pelajaran kita semua, harus ada penghijauan ini. Kami juga ingin turut berpartisipasi dalam hal ini” ungkap Salman. 

Kegiatan penghijauan akan dilakukan mulai bulan Agustus tahun ini dan akan di konsentrasikan pada puncaknya November tahun ini. Saat ini, APOLO akan fokus pada koordinasi dan membangun jaringan terutama mencari sumber dimana mereka bisa mendapatkan bibit mahoni dan Jati putih yang siap tanam. 

“Dalam waktu dekat, APOLO rencananya akan berkunjung ke Dinas Pertanian dan Kehutanan dan beberapa kelompok tani yang beberapa waktu lalu mendapatkan proyek Kebun Bibit Rakyat (KBR) untuk menanyakan apakah ada bibit disana, kalo sudah ada, kami akan langsung tanam berapa saja yang ada dulu” Jelas Sabarudin.  

Salman menambahkan, APOLO mengharapkan dukungan berbagai pihak untuk membantu dan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, tidak hanya siswa yang tergerak tapi dewan guru dan masyarakat juga mau ikut terlibat” Kata Salman disela pertemuan tersebut. (MIS-Tabayyun)