Kecanduan Internet Yang Positif

Anda kecanduan internet, dan resah karena hal itu?
Anda merasa terlalu banyak menghabiskan waktu untuk browsing, chatting, ngeblog, dan kegiatan-kegiatan “nonproduktif” lainnya di internet?
Atau, pekerjaan utama Anda justru terganggu karena “penyakit” kecanduan internet ini terasa amat sulit untuk diatasi?

Terus terang, saya pun termasuk orang yang sudah sangat kecanduan internet. Tidak nge-net sehari saja, hidup rasanya kurang lengkap. Bila sedang nganggur, tak ada pekerjaan, atawa bengong, maka yang saya pikirkan pertama kali adalah INTERNET.

Bahkan tragisnya:
Ketika pertama kali menyalakan laptop, saya langsung konek ke internet, padahal saat itu saya mungkin sedang tidak perlu online sama sekali.

Dulu, saya juga pernah resah oleh kondisi ini. Saya merasa terlalu banyak waktu terbuang untuk hal-hal yang tidak produktif.

Tapi sejak sekitar dua tahun lalu, alhamdulillah saya bisa merasakan bahwa kecanduan internet ternyata tidak harus berdampak negatif. Kecanduan internet pun bisa diubah menjadi sesuatu yang positif bahkan produktif.
  1. Bila orang lain chatting dan menggunakan email untuk ngobrol ngalor ngidul semata, saya chatting dan menggunakan email untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi yang lebih erat dengan teman-teman lainnya. Bahkan chatting bisa menjadi media komunikasi yang efektif antara saya sebagai pebisnis dengan konsumen dan calon konsumen.
    .
  2. Bila orang lain ngeblog hanya untuk curhat, mengisi komentar di blog orang lain dengan kalimat-kalimat yang biasa-biasa saja, saya ngeblog dengan tujuan berbagi, aktualisasi diri, personal branding, public relation, dan sebagainya.
    .
  3. Bila orang lain bermain-main di Facebook untuk kesenangan semata, saya memanfaatkan Facebook untuk tujuan yang sama seperti nomor 2 di atas. Mungkin ketika saya sedang asyik bermain-main di Facebook di saat orang lain sedang bekerja, mereka mengira saya sedang menghabiskan waktu semata.
* * *
Nah, bagi Anda yang sampai hari ini masih merasa resah, rugi waktu dan sebagainya karena sudah terjangkiti oleh kecanduan internet yang sulit untuk disembuhkan, coba ikuti saran saya:
  1. Mulailah berbisnis secara online. Daripada Anda hanya menghabiskan waktu di dunia maya, kenapa tidak mencoba mencari uang lewat internet? Banyak sekali orang yang telah menjadi kaya raya lewat dunia maya. Saya pun sudah membuktikan :) Bila saya dan mereka bisa, kenapa Anda tidak? Untuk memulainya, cobalah dengan mendownload ebook gratis ini dari saya :)
    .
  2. Jalinkan hubungan baik atau networking dengan sebanyak mungkin orang, termasuk orang terkenal seperti artis, pengusaha sukses, pejabat, caleg, tokoh masyarakat, dan sebagainya. Percayalah bahwa bila Anda harus berkenalan dengan orang-orang ngetop seperti itu lewat “jalur darat”, mungkin Anda harus berhadapan dulu dengan jadwal mereka yang sangat sibuk, belum lagi manajer atau bodyguard mereka yang tidak bersahabat, dan sebagainya. Tapi di dunia maya? Alhamdulillah, saya sendiri sudah membuktikan bahwa berkenalan dengan orang-orang ngetop lewat internet SANGAT AMAT MUDAH BANGET SEKALI. Ini salah satu contohnya :)
    .
  3. Cari ilmu yang banyak. Internet adalah gudangnya ilmu. Anda bisa mencari apapun lewat Google. Manfaatkan itu sebaik-baiknya. Jangan sampai Anda bernasib seperti peribahasa, “Ayam mati di lumbung padi.”
    .
  4. Banyak-banyaklah berbagi. Anda bisa mengisi blog Anda dengan tulisan-tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Cobalah berguru dari para blogger yang sukses lewat tulisan-tulisan mereka yang selalu dinanti-nantikan oleh pengunjung. Sekadar menyebut beberapa saja di antara mereka:
    .
    - Priyadi (hm… kok sudah lama enggak ngeblog, Mas?)
    - Nukman Luthfie
    - Roni Yuzirman
    - Romi Satria Wahono
    - Edy Sihombing
    - Dini Shanti
    - Joko Susilo
    - Cosa Aranda (ikut prihatin atas tragedi blog-nya, Mas)
    - Budi Putra
    - Tanpa mengurangi rasa hormat saya, maaf bagi Anda yang namanya belum disebutkan :)
    .
    Bila mereka bisa, kenapa Anda tidak? Setiap orang pasti punya kelebihan. Nah, manfaatkanlah kelebihan Anda itu untuk berbagi dengan sesama lewat internet. Bila Anda merasa masih sulit menulis di blog, kan ada tempat belajarnya :)
    .
  5. Dan masih banyak hal positif & produktif lainnya yang bisa Anda lakukan di internet.
Jadi mulai sekarang, jangan resah atau khawatir lagi bila Anda masih kecanduan internet.

SUMBER JONRU