SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak Kantongi Ijin Operasional

Setelah satu tahun berdiri, Sekolah Menengah Kejuruan islam (SMKI) Sirajul Huda Paok Dandak akhirnya Jum’at (11/5) pekan lalu berhasil mengantongi ijin operasionalnya. Ijin bernomor 127 Tahun 2012 bertangggal 1 Mei 2012 tersebut dikeluarkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Tengah setelah terlebih dahulu melakukan visitasi dan pengkajian strategis terhadap sekolah tersebut pada 2 Januari 2012.

Kasi Pendidikan Menengah Lombok Tengah Drs. Fikri mengatakan, SMK Islam Sirajul Huda yang berlokasi di Desa Durian Kecamatan Janapria ini adalah satu diatara 6 sekolah swasta di Lombok Tengah yang mengajukan ijin operasional sejak tahun 2011. Namun, dari hasil verifikasi data dan visitasi kelembagaan, dari 6 sekolah yang mengajukan, hanya dua sekolah yang lolos dan dinilai memenuhi kelayakan serta persyaratan pendirian salah satunya SMK Islam Sirajul Huda ini.

Sekolah yang membuka kompetensi keahlian Multimedia ini menurut Fikri mendapatkan nilai yang cukup bagus karena pilihan program dan infrastrukturnya memadai. Dari infrastruktur, sekolah ini telah memiliki gedung sendiri dan lahan yang cukup luas jika kedepan ingin dilakukan pengembangan.

Selain itu, kompetensi tenaga pengajar yang dimiliki juga bagus, dari 22 orang tenaga pengajarnya, ada 5 orang yang mempunyai kompetensi terkait program keahlian yang dibuka atau mengantongi ijazah sarjana komputer.

“Proses pembelajarannya jalan, infrastrukturnya cukup, administrasinya lengkap, kesiapan tenaga pengajar juga bagus bahkan ada 5 orang sudah menyandang gelar S.Kom” jelas Fikri.

Fikri menambahkan, dengan terbitnya surat ijin operasional ini, maka SMK Islam Sirajul Huda memiliki hak yang sama dengan sekolah-sekolah lain terkait dana-dana yang diberikan pemerintah.

“Kita akan lihat kemajuannya, jika perkembangannya bagus, kami bisa rekomendasikan ke pusat untuk mendapatkan dana pengembangan” Demikian dikatakan Fikri.

Kepala sekolah SMK Islam Sirajul Huda, Suhaili, M. Si ketika ditemui di rumahnya mengatakan, sangat senang dengan diterbitkannya Ijin Operasional tersebut. Dijelaskanya, keberadaan SMK Islam yang dirintisnya ini akan menjawab persoalan tingginya angka anak putus sekolah di empat kecamatan sekaligus yakni Janapria, Praya Timur, Praya Tengah dan Kopang. Karenanya SMK Islam Sirajul Huda hadir membawa misi sosial dengan menyelenggarakan sekolah murah tapi berkualitas.

Suhaili menjelaskan, SMK Islam Sirajul Huda binaannya menerapkan sistem pembelajaran Multiple Intelegense. dengan mempotensikan kecerdasan multi yang dimiliki masing-masing siswa. Sehingga disekolahnya semua siswa adalah anak-anak yang cerdas tak ada siswa yang bodoh karena  masing-masing siswa punya kecerdasan sendiri-sendiri.

Selain itu, karena SMK ini berlabel Islam, keunggulannya lain yang ditunjukkan sekolah ini adalah dalam metode pengintegrasian pendidikan umum dan pendidikan agama dimana pendidikannya diarahkan ke pembelajaran islam berbasis ilmu tradisional seperti Fiqh dan Tasawuf.

"Dengan metode ini diharapkan alumni SMK Islam Sirajul Huda nantinya cerdas secara intelektual dan spritual serta memiliki akhlak dan perilaku yang baik di masyarakat" Jelasnya. 

Saat ini SMK Islam Sirajul Huda telah menerima pendaftaran siswa baru untuk Tahun Pelajaran 2012/2013. Studi Keahlian yang bisa dipilih siswa juga bertambah dua yakni Program Studi Otomotif dan Pariwisata. (AJ/TabayyuNews)