Memperingati Hari Kartini, Warga Paok Dandak Mendirikan Koperasi Annisa


Guna memperingati hari kartini, sejumlah ibu-ibu rumah tangga dan pengerajin ketak di Desa Durian Kecamatan Janapria hari ini (22/4) berkumpul untuk menginisiasi terbentuknya koperasi perempuan. Koperasi ini dinamai Koperasi Annisa Paok Dandak. Diharapkan, nantinya keberadaan koperasi ini mampu memfasilitasi warga perempuan di Desa Durian dalam simpan-pinjam dan pmberdayaan serta pengembangan usaha .

Koperasi Annisa digagas oleh Pengurus Koperasi Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al Huda Paok Dandak yang memang selama ini memfasilitasi mereka dalam simpan-pinjam. Koperasi BMT Al Huda sendiri adalah koperasi Simpan Pinjam Syariah yang dikelola Yayasan Pondok Pesantren Sirajul Huda Paok Dandak dan sudah eksis sejak satu setengah tahun yang lalu.

Jumidin, salah seorang pengurus BMT Al Huda yang juga menjadi penggagas Koperasi Annisa mengatakan, Koperasi perempuan ini direncanakan sebagai wadah lanjutan dari BMT Al Huda agar pengelolaannya lebih terarah. Diakui Jumidin, BMT Al Huda selama ini sering kualahan dalam memberikan pinjaman dan melakukan penagihan kepada ibu-ibu, terutama karena modal BMT masih sangat terbatas.

“Untuk lebih terarahnya nanti Koperasi BMT Al Huda dengan Koperasi Annisa akan terus mejalin kerjasama terutama dalam pengelolaan usaha yang berkelanjutan” Ungkap Jumidin.

Hari pertama didirikan, warga yang menyatakan diri sebagai anggota koperasi Annisa sudah mencapai 18 Orang. Sebelum terbentuknya kepengurusan definif, Koperasi Annisa telah memilih Inaq Suriyah sebagai ketua sementara. Tugasnya adalah akan melakukan rapat Anggota untuk membentuk kepegurusan definitif dan akan segera memulai kegiatan Simpan Pinjam mulai minggu depan. [Even]