Warga Antusias Mengikuti Program Work For Food (WFF)

Warga Dua Dusun yakni Dusun Durian dan Dusun Paok Dandak Desa Durian Janapria sejak pagi jam 7.00 hari ini (8/3) memulai kegiatan menanam benih pohon, umbi dan kacang-kacangan di kebun dan lading mereka. Program yang bertema Padat Karya Terasering Work For Food (WFF) ini adalah hasil kerjasama Pemerintah Indonesia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Lembaga Bantuan Australia (AusAID).

Saeful Hamdi, salah seorang aparatur desa Durian yang terlihat diacara tersebut menjelaskan,. program ini dikhususkan untuk negara-negara miskin termasuk Indonesia. Tujuannya adalah mengentaskan kemiskinan pangan dengan kegiatan menanam berbagai macam tanaman yang dapat menjadi makanan pokok, seperti jagung, gandum, kacang-kacangan dan ketela.
Kegiatan WFF di Desa Durian Dan Dusun Paok Dandak akan dilakukan di area seluas 100 Ha lebih yang merupakan lahan kering dan kurang produktif, seperti lahan gambut, kebun dan perbukitan. Bagi masyarakat yang ikut kegiatan akan diberi imbalan beras dari program ini sebesar 3 Kg perhari.

Sidin, salah seorang warga Dusun Paok Dandak mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. “Sangat positif bagi desa kami, selain sebagai penghijauan, juga tanaman kan bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat” Katanya.

Udin (24) juga demikian, Ia yang juga pemuda karang taruna Desa Durian mengaku gembira dengan kegiatan ini. “Sejak setengah tujuh tadi saya disini, alhamdulillah, kami juga sambil belajar bertani” Katanya.

Kegiatan akan berlangsung hingga satu minggu kedepan. Dan Jika memungkinkan akan dilanjutkan dengan menanam pohon dari sisa bibit program Kebun Bibit Rakyat (KBR) beberapa waktu lalu. [Udin/Epol]