SMA 1 Janapria Melaksanakan Diklatsar PMR Se-Kecamatan Janapria

Kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) PMR-PMI yang berlangsung di Janapria mulai 24 hingga 26 Desember 2011 lalu berjalan lancar.

Para peserta dibekali minimal dengan 4 materi inti Diksar yakni Pertolongan Pertama (PP), Anatomi & Fisiologi, Penilaian Penderita (Assesment) dan Penanggulangan Bencana Alam (PBA). Empat materi tersebut diperkaya dengan beberapa materi lain yakni Dapur Umum Lapangan (DUL) dan Mengatasi Kebakaran.


Salah seorang Pembina PMR Satria (SMA 1 Janapria), Arif Rahman mengatakan, pelatihan ini cukup sukses karena dari segi meateri sudah mencapai target dan dari segi pelaksanaan sudah sangat baik.

Namun demikian, Diakui Arif, materi-materi dalam diksar kali ini sengaja disederhanakan dengan menggabungkan beberapa materi yang berkaitan. Ini dilakukan untuk menghemat waktu dan biaya serta tenaga peserta.
Walau begitu, dikatakannya, semua materi Diksar untuk prasyarat menjadi seorang relawan PMI sudah sangat mencukupi. “Target materi yang kita rencanakan alhamdulillah tercapai, dan kita bisa langsung adakan pelantikan” Tambahnya.

Perihal kendala dalam pelatihan , Koordinator Lapangan Diklatsar ini Nining (SMA 1 Janapria) menjelaskan, seluruh kegiatan baik dari segi materi, pembiayaan dan narasumber semuanya berjalan lancer.

“Memang sempat terjadi insiden kecil pada hari kedua, seorang peserta putri ada yang kelelahan dan pingsan ditengah lapangan setelah mengikuti materi bongkar pasang tenda (BPT), tapi semuanya bisa kita atasi” Jelas Nining. [SH]