Jelang Pilkades Desa Durian

Menjelang Pemilihan Kepala Desa Durian yang akan dilangsungkan September 2012 mendatang, beberapa warga yang berniat menjadi Kades mulai muncul ke publik. Dua diantaranya adalah H.L. Wirame, mantan calon pada Pilkades 2008 silam dan Sudarman seorang staff PNPM kecamatan Janapria. Diluar nama itu, muncul beberapa nama lain, H. Karim Tokoh masyarakat Dusun Petoak, dan Abdurrahman Tokoh Muda yang juga menjabat Staff Desa Durian di pemerintahan sekarang.

Dua Calon H.L. Wuirame dan Sudarman bahkan telah menggalang dukungan warga. H. L Wirame misalnya sudah mengumpulkan beberapa tokoh masyarakat dan keluarganya sementara Sudarman memilih mengunjungi warga dengan door to door.

Dua calon yang disebutkan belakangan, belum ada action apa-apa. Hanya saja, wacana deras tentang bakal munculnya dua nama ini santer terdengar di masyarakat.

Kemunculan beberapa calon ini mendapat tanggapan dari beberapa warga. Kepala Dusun berombok misalnya mengatakan senang dengan kemunculan beberapa calon ini

“Bagus lah dengan kemunculan beberapa calon ini, ini kan artinya masyarakat bisa melihat dan bisa mengenal calon kadesnya dengan lebih baik” Katanya

Sementara itu, Suhaili, M. Si Kepala Sekolah SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak, menganalisis, kemunculan beberapa calon ini menunjukkan kedewasaan berpolitik warga di desa durian.

Suhaili yang juga pernah mencalonkan diri sebagai Anggota DPR Dapil Janapria pada pemilu 2008 lalu ini mengatakan, melihat potensi peta politik tahun 2008 silam, kantong suara terbesar yakni sekitar 45% suara terdapat di dua kampung paling timur desa ini yakni Dusun Paok Dandak dan Dusun Berombok. Dan 65 persen lainnya tersebar di Dusun Penjon, Berangah, Petoak, Bangka dan Malang.

Bagaimana dengan kekuatan masing-masing? Suhaili mengatakan,

“Untuk saat ini kekuatan mereka belum bisa diprediksi. Peta politik yang ada hanya berdasarkan jumlah pemilih yang mengaca ke pemilu tahun lalu. Kekuatan masing-masing mereka samasekali belum bisa di prediksi” Jelasnya. [AJ]