Tentang Komunitas Kampung Media At Tabayyun

Kampung Media At Tabayyun adalah sebuah komunitas yang berorientasi pada pengembangan dan pelayanan informasi publik dari kampung untuk masyarakat dunia. Sebuah konsep ideal tentang bagaimana partisipasi publik dalam pembangunan NTB khususnya Kecamatan Janapria dalam memberikan informasi dari halaman rumah sendiri secara online dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat melalui tekhnologi digital khususnya internet dan mobile.

KM At Tabayyun diharapkan menjadi ruang dialog yang kondusif dan inklusif antara masyarakat dengan masyarakat, antara masyarakat dan pemerintah dan antara semua stakeholder dengan masyarakat dunia. KM At Tabayyuin juga menjadi sarana peningkatan budaya membaca dan menulis masyarakat khususnya Kecamatan Janapria dan sebagai lembaga yang diorientasikan memiliki nilai ekonomi melalui pengelolaan informasi yang mendorong masyarakat memanfaatkan peluang-peluang usaha selama ini tak terfikirkan.

KM At Tabayyun terbentuk pada, 12 Juni 2010 di Dusun Paok Dandak Desa Durian Kec. Janapria dan diresmikan Diskominfo NTB di Desa Pagutian Kecamatan Batukilang pada 17 November 2011.

Secara filosofis, nama At Tabayyun diadaptasi dari Al Qur’an Surah Al Hujurat Ayat 6 yang berbunyi : “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah (kebenarannya) dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”.

Dari kata-kata Fatabayyanu (Periksalah/klarifikasilah!) yang terdapat dalam ayat tersebutlah, komunitas ini menghajatkan sebuah ketulusan untuk berbagai segala informasi dengan cross check dan diskusi secara cermat dan baik.

Kegiatan-kegiatan

  1. Kopi Darat (KOPDAR) At - Tabayyun – Bahasa lain dari silaturrahim anggota setiap akhir pekan, mengangkat isu-isu menarik seputar perkembangan tekhnologi-informasi, dunia usaha mikro, enterpreuneurship, ngenet bareng, ngopi dan camilan.
  2. Mengisi blog www.tabayyunews.blogspot.comSemua tulisan yang dimuat insya allah akan diberikan honorarium oleh pemerintah daerah melalui Diskompinfo Kampung Media NTB.  
  3. Pelatihan – Pelatihan – Diadakan kondisional dengan mengikuti tren dan kebutuhan masyarakat. Pelatihan-pelatihan yang diadakan antara lain, Pelatihan Komputer dan Internet, Pelatihan Bisnis Kreatif, Pelatihan Kepemimpininan (Leadership Training), Pelatihan Reparasi Handphone, Pelatihan Menulis, pelatihan keterampilan Lampion dan Vas Bunga dan lainnya.
INFO KONTAK :
Komunitas At Tabayyun adalah komunitas terbuka dan tak dibatasi jarak tempat dan usia.  Silakan anda bergabung, sekretariat kami saat ini masih numpang di :
SMK ISLAM SIRAJUL HUDA
Yayasan Ponpes Sirajul Huda Paok Dandak Desa Durian Kecamatan Janapria. No Handhone Motivator:  Tlp. 081936772005.  Email kmtabayyun@gmail.com Weblog. www.TabayuNews.blogspot.com